Air Terjun Sri Gethuk: Surga Tersembunyi di Gunungkidul

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Jogja yang menyimpan banyak tujuan wisata alam. Tidak hanya wisata pantai saja, namun juga beberapa wisata alam lainnya, seperti gua, gunung, hingga air terjun. Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu contoh destinasi wisata alam yang sedang naik daun di Jogja.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk – Sumber: Ayo Dolan

Keindahan yang ditawarkan dari Air Terjun Sri Gethuk tidak hanya berada pada bagian air terjunnya saja, namun keberadaan sungai di depan kawasan air terjun, juga menambah kecantikan dari wisata jogja ini.

Sebelum dapat menemukan lokasi Air Terjun Sri Gethuk, pengunjung harus melewati aliran sungai dengan jarak kurang lebih 700 meter terlebih dahulu.

Tenang saja, kamu tidak harus berjalan kaki untuk sampai di lokasi air terjun. Saat ini pengelola lokasi wisata Air Terjun Sri Gethuk telah menyediakan beberapa rakit buatan guna memudahkan wisatawan dalam menyusuri sungai sepanjang 700 meter tersebut.

Selama menaiki rakit kurang lebih sepuluh hingga lima belas menit, kamu dapat menikmati pemandangan tebing dan pemandangan alam lainnya yang terdapat di sisi kanan dan kiri sungai.

Untuk dapat menuju ke lokasi air terjun, kamu tidak hanya dapat melaluinya dengan rakit, namun juga dapat dengan berjalan kaki. Dengan berjalan kaki tentunya akan memakan waktu lebih lama, dibandingkan bila menggunakan rakit.

Namun, pemandangan yang terdapat pada jalur saat berjalan kaki juga tidak kalah indah. Sepanjang perjalanan, kamu akan menyaksikan hamparan sawah luas dan sesekali kamu juga akan melewati jalan setapak pinggir sungai sebelum akhirnya sampai di lokasi Air Terjun Sri Gethuk.

Sejarah Air Terjun Sri Gethuk

Saat mendengar nama Sri Gethuk, mungkin beberapa orang akan berfokus akan kata “Gethuk” yang merupakan salah satu makanan tradisional jawa. Sehingga beberapa orang mengira bahwa asal usul dari nama tempat wisata air terjun ini berasal dari nama makanan yang terbuat dari bahan dasar ketela tersebut.

Padahal, asal usul nama dari Air Terjun Sri Gethuk sebenarnya diambil dari cerita mitos yang beredar di daerah Dusun Bleberan. Air Terjun Sri Gethuk memiliki mitos yang menyebutkan bahwa tempat wisata tersebut merupakan lokasi berkumpulnya mahluk halus, yaitu jin.

Ialah Anggo Menduro, pemimpin dari kumpulan jin pada kawasan air terjun. Anggo Menduro konon diketahui memiliki kesenangan yang teramat sangat terhadap alat musik tradisional jawa, yaitu Gamelan.

Saat memasuki waktu maghrib, warga sekitar kerap mendengar suara seperti pukulan gamelan yang mengeluarkan suara seperti bunyi “thuk” yang berulang. Akan tetapi, saat warga mendatangi sumber dari suara gamelan tersebut, perlahan suara gamelan akan menghilang.Dari mitos inilah akhirnya air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Sri Gethuk.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi lokasi Air Terjun Sri Gethuk tidak perlu khawatir dengan mitos yang beredar, karena hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mendengar suara tersebut. Yang paling penting adalah tetap menjaga sikap dan sopan santu saat berada di lokasi.

Lokasi dan Akses Jalan

Air Terjun Sri Gethuk berlokasikan di Dusun Bleberan, Playen, Gunung Kidul. Berangkat dari Malioboro di pusat Kota Jogja akan menempuh waktu perjalanan sekitar satu setengah jam.

Untuk akses jalan menuju Air Terjun Sri Gethuk saat ini sudah terbilang cukup baik dan sudah dapat dilalui kendaraan bermotor dan mobil. Pada titik jalan tertentu akan sedikit curam. Jadi, tetap pastikan kondisi kendaraan agar dalam keadaan yang fit.

Rute Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Rute ke arah Air Terjun Sri Gethuk dari Tugu Jogja yaitu kamu terlebih dahulu harus menuju Jl Wonosari, kemudian ke arah Patuk melewati Bukit Bintang. Dari Kecamatan Patuk, ikuti jalan sampai menemukan pertigaan ke arah Playen – Palihan. Dari Kecamatan Palihan, kamu tinggal mengikuti papan petunjuk yang ada di sepanjang jalan ke arah Air Terjun Sri Gethuk.

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Sri Gethuk

KETERANGAN TARIF
Tiket Masuk Rp. 15.000
Rakit Penyebrangan Rp. 10.000

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk

Sebagai salah satu primadona untuk wisata air terjun yang ada di Jogja, fasilitas yang tersedia di kawasan Air Terjun Sri Gethuk sudah cukup lengkap.

1. Area Parkir Luas

Kawasan parkir yang disediakan pengelola Air Terjun Sri Gethuk cukup luas untuk memarkirkan kendaraan pengunjung. Jika kamu datang saat musim libur tiba, tidak perlu khawatir apabila menggunakan kendaraan bus, karena akses jalan dan kapasitas parkir saat ini sudah memungkinkan.

2. Kawasan Pemancingan

Selain dapat menikmati indahnya pemandangan alam, kamu dan keluarga juga dapat melakukan rekreasi memancing di sekitar kawasan parkir.

3. Kamar Mandi

Pastikan kamu sudah ke kamar mandi sebelum melanjutkan perjalanan dengan perahu ke lokasi air terjun, ya. Karena hanya di areal parkir terdapat kamar mandi umum.

Jika sudah sampai di lokasi Air Terjun Sri Gethuk tentu tidak sah rasanya apabila tidak bermain air. Setelah puas bermain air, kamu dapat berbilas di kamar mandi yang telah disediakan.

4. Musholla

Meskipun Air Terjun Sri Gethuk merupakan destinasi wisata alam, namun pengelola tetap menyediakan fasilitas mushola bagi pengunjung yang beragam muslim. Musholla terletak di dekat kawasan parkir.

5. Rakit Penyebrangan

Seperti yang telah dipaparkan di atas, untuk dapat menuju lokasi air terjun, pengunjung harus menyusuri sungai sepanjang 700 m. Untuk memudahkan pengunjung, pengelola setempat telah menyediakan rakit buatan untuk membantu pengunjung agar lebih cepat sampai di lokasi.

6. Rumah Makan

Setelah puas bermain di bawah derasnya air terjun, kamu dapat mengisi kembali stamina yang sudah mulai habis. Tersedia beberapa warung kecil yang menjual beberapa menu untuk mengganjal perut kamu.

7. Persewaan Pelampung

Sungai di sekitar Air Terjun Sri Gethuk memiliki kedalaman sekitar tiga hingga lima meter. Jika kamu tidak dapat berenang, kamu dapat menyewa pelampung ban atau rompi di persewaan sekitar air terjun.

Galeri Foto Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Air Terjun Jogja

Wisata Air Terjun Jogja – Sumber: traveltodayindonesia.com

Seperti yang dapat kamu lihat pada foto di atas, wisata Air Terjun Sri Gethuk memiliki pemandangan alam yang sangat indah, baik pada air terjun maupun sungai di depannya.

Berenang di Air Terjun Sri Gethuk

Berenang di Air Terjun Sri Gethuk – Sumber: balijogja.com

Meskipun sungai pada kawasan air terjun tergolong dalam, kamu tetap dapat menikmatinya dengan menyewa pelampung yang telah disediakan.

Foto Hits Air Terjun Sri Gethuk

Foto Hits Air Terjun Sri Gethuk – Sumber: wp.com

Sebagai salah satu tempat wisata yang Jogjaku.ID rekomendasikan, Air Terjun Sri Gethuk tentunya sangat instagramable untuk berfoto.

Sungai AIr Terjun Sri Gethuk

Sungai AIr Terjun Sri Gethuk – Sumber: instagram.com

Selama perjalan pulang dan pergi menuju lokasi air terjun, kamu akan menyusuri sungai ala-ala Green Canyon-nya Jogja.

Belum ada komentar

Tinggalkan Komentar