6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengunjungi Kota Jogja

Berbicara tentang destinasi wisata yang ada di Indonesia, Jogja merupakan salah satu kota yang paling laris dikunjungi wisatawan untuk berlibur. Tidak hanya wisatawan lokal saja, namun wisatawan mancanegara juga kerap menginjakkan kakinya di Kota Gudeg ini.

Jogja memang kota yang menyimpan banyak tempat wisata, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, dan beberapa tempat wisata menarik lainnya. Jika kamu merupakan seseorang yang memiliki hobi jalan-jalan, maka kamu akan menyesal apabila seumur hidup kamu belum pernah satu kali pun mengunjungi Jogja.

Lantas, apa sih alasan kenapa kamu harus mengunjungi Kota Pelajar? Perlu kamu ketahui, Jogja tidak hanya bagus dari sisi pariwisatanya saja, namun setiap hal yang ada di kota ini juga sangat menarik dan memberikan kenangan yang tidak akan dapat kamu lupakan.

Sesampainya di Jogja, kamu akan disambut dengan begitu ramah.

Stasiun Tugu

Stasiun Tugu – Sumber: kemdikbud.go.id

Jika berangkat ke Jogja dengan menggunakan kereta api, kamu bisa turun melalui stasiun lempuyangan atau tugu. Sedangkan jika menaiki pesawat, kamu bisa turun melalui satu-satunya bandara yang ada di Jogja saat ini, yaitu Bandara Internasional Adisucipto.

Nah, salah satu hal yang tidak perlu kamu khawatirkan jika sama sekali belum mengenal wilayah Jogja, kamu dapat langsung bertanya ke warga lokal yang kamu temui setelah sampai. Tenang saja, warga di Jogja akan dengan senang hati menyambut pertanyaan kamu.

Namun, perlu diperhatikan, sebagai seorang pendatang yang ingin bertanya kepada warga lokal, kamu tetap harus menjaga sopan santun dan etika saat bertanya. Gunakanlah tutur bahasa yang halus dan tidak menyinggung. Jika sudah seperti itu, kamu tentunya akan dibantu dengan hangat oleh warga.

Tak usah heran apabila kamu sering mendapatkan senyuman warga selama berkunjung ke Jogja. Keramahan dari warga Jogja inilah yang membuat banyak wisatawan kangen untuk kembali lagi.

Hingga saat ini, Jogja masih tetap istimewa dengan beragam budayanya yang tersebar di setiap penjuru kota

Keraton Jogja

Keraton Jogja – Sumber: kratonjogja.id

Saat ini, Jogja merupakan satu-satunya wilayah yang masih menjalankan sistem kerajaan di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga kebudayaan jawa Kota Jogja masih sangat kental di tengah-tengah era yang sudah serba modern saat ini.

Jogja telah melalui sejarah panjang sebelum menjadi kerajaan seperti yang dapat kita saksikan saat ini. Beberapa tempat bersejarah masih bisa kita lihat langsung keberadaannya hingga sekarang. Beberapa tempat bersejarah yang berkaitan dengan Kerajaan Jogja saat ini telah dijadikan tempat wisata cagar budaya, seperti taman sari, tugu jogja, dan malioboro.

Tidak hanya itu, terdapat pula tempat bersejarah lainnya, seperti Candi Prambanan yang merupakan candi hindu terbesar di Indonesia, Candi Ratu Boko yang merupakan kompleks kerajaan hindu, dan Candi Ijo yang merupakan candi hindu zaman Kerajaan Medang.

Mempelajari sejarah masa lampau menjadi lebih mudah dengan beragam museum yang ada

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali – Sumber: jejakanaksemut.blogspot.com

Seluruh kenangan masa lalu yang ada di Kota Jogja tersimpan dengan begitu rapi dalam beberapa museum. Monumen Jogja Kembali dan Benten Vredeburg merupakan dua museum yang merangkum perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita saat masa perjuangan kemerdekaan dulu.

Tidak hanya museum seputar perjuangan pahlawan saja, namun juga ada beberapa museum sejarah lainnya. Seperti Museum Sisa Hartaku yang terletak di kaki Gunung Merapi yang menyimpan kenangan harta benda yang tersisa pasca erupsi dahsyat tahun 2010 silam.

Usai mempelajari sejarah, sekarang saatnya bersenang-senang di Jogja

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti – Sumber: @roh_kyt

Jogja memiliki tempat wisata yang sangat beragam. Wisata edukasi anak? Ada. Wisata kuliner? Ada. Wisata sejarah? Ada. Wisata alam? Banyak. Bahkan, jika kamu mau mengunjungi seluruh tempat wisata yang ada di Jogja, waktu liburan satu minggu juga tidak akan cukup.

Kita mulai dari sisi selatan Jogja, ada Gunung Kidul yang menawarkan panorama alamnya. Mulai dari pantai dengan nama terkenal, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Pantai Nglambor, hingga pantai yang tersembunyi dan masih sangat alami, seperti Pantai Sanglen. Tidak hanya pantai, ada pula wisata gua dan air terjun, salah satunya yaitu Air Terjun Sri Gethuk dan Gua Rancang Kencana.

Di Kabupaten Bantul juga terdapat wisata pantai terkenal lainnya, seperti Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Selain itu, Bantul juga dikenal dengan wisata alam lainnya, seperti Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, Gumuk Pasir, dan masih banyak lainnya.

Berbeda dengan dua Kabupaten di atas, Kabupaten Sleman lebih dominan memiliki wisata candi. Namun, terdapat pula wisata bermain baru, yaitu Jogja Bay Waterpark. Kalau di Kota Yogyakarta, kamu bisa menemukan landmarknya Kota Jogja. Selain itu, terdapat tempat nongkrong kekinian, seperti Seven Sky.

Membaur dalam keramaian di Landmark Kota Jogja

Jangan terburu-buru untuk kembali pulang, sebelum kamu berkunjung ke Malioboro dan Tugu Jogja. Kedua tempat ini bisa dikatakan tempat wajib yang harus dikunjungi wisatawan. Banyak yang beranggapan, jika sudah ke Jogja, belum sah rasanya jika belum berkunjung ke dua tempat ini.

Anggapan tersebut memang ada benarnya. Sebagai landmark dari Kota Jogja, Malioboro dan Tugu Jogja selalu menghadirkan suasana romantis yang tak terlupakan di balik riuhnya suasana untuk siapa saja yang datang mengunjunginya. Suasana dari tempat inilah yang sering membuat kangen jika sudah lama tidak datang ke Jogja.

Burjo dan Angkringan, penyelamat siapa saja yang kelaparan

Angkringan Klebengan

Angkringan Klebengan – Sumber: travelingyuk.com

Dengan anggaran yang terbatas, kamu tetap dapat hidup di Jogja. Ada angkringan dan burjo yang dapat disinggahi untuk mengisi kembali tenaga kamu setelah seharian berkeliling di Jogja.

Burjo dan Angkringan merupakan tempat yang menyediakan makanan dengan harga super murah. Bayangkan saja, kamu sudah dapat menyantap nasi dengan lauk sambal tempe hanya dengan uang Rp. 2.000. Bertualang tidak harus dengan biaya mahal kok, semua dapat kamu buktikan jika ke Jogja.

Tinggalkan Komentar