7 Angkringan Paling Terkenal di Jogja, Wajib Kamu Coba!

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari Kota Jogja, yaitu adanya angkringan. Bagi kamu yang belum tahu apa itu angkringan, angkringan adalah tempat sederhana dimana kamu dapat membeli makanan dan minuman dengan harga yang sangat murah.

Pedagang angkringan biasanya berjualan dengan menggunakan gerobak dorong dan hanya menggunakan penerangan petromaks. Salah satu menu khas yang hanya dapat kamu temui di angkringan adalah nasi kucing.

Tidak hanya itu, angkringan pada umumnya juga menyediakan beragam pilihan menu lainnya, seperti aneka sate, minuman hangat, gorengan, dan masih ada beberapa lainnya.

Hal yang menyenangkan saat berada di angkringan, yaitu suasananya yang khas dengan Kota Jogja, cahaya remang-remang yang menenangkan, dan seluruh obrolan yang dibicarakan terasa menyenangkan sembari menikmati kopi panas.

Angkringan sering dijuluki sebagai sahabat mahasiswa dikala tanggal tua. Hal tersebut dikarenakan harga makanan di angkringan, seperti nasi kucing dengan lauk sambal teri atau tempe yang murah meriah. Nasi kucing sudah dapat dinikmati mulai dari harga Rp. 2.000.

Sehingga tidak heran, apabila suasana angkringan akan membawa rasa kangen bagi setiap insan yang sudah lama tidak mengunjungi Kota Gudeg. Jika saat ini kamu sedang berada di Jogja, ada tujuh angkringan yang kami rekomendasikan yang dapat dikunjungi untuk mengobati rasa kangen kamu.

1. Angkringan Lek Man

Kopi Joss Angkringan Lik Man

Kopi Joss Angkringan Lik Man – Sumber: blogspot.com

Angkringan Lek Man dikenal juga dengan nama Angkringan Tugu. Lokasi Angkringan Lek Man berada tepat di samping stasiun kereta api tugu dan dekat dari wisata Malioboro. Pada kawasan Angkringan Lek Man, tidak hanya terdapat satu angkringan saja, namun juga terdapat banyak angkringan lainnya.

Salah satu menu khas yang paling terkenal dari semua angkringan tugu, yaitu kopi joss. Kopi joss merupakan kopi hitam yang disajikan dengan cara tidak biasa, yaitu dengan menggunakan penambahan arang yang masih membara.

Penyajian tersebut menjadikan nama kopi joss menjadi begitu terkenal di kalangan masyarakat. Aroma dan bunyi khas “joss” saat arang dicelupkan ke dalam kopi, menambah sensasi tersendiri bagi penikmatnya.

Sambil menikmati pahitnya kopi joss, kamu bisa memesan nasi kucing dengan lauk sambal ikan teri atau tempe. Jika ingin lebih nikmat, kamu bisa memesan beragam jenis lauk lainnya, seperti sate usus, sate bekicot, sate telur puyuh, dan lain-lain.

Keunikan lainnya dari angkringan, yaitu kamu bisa meminta pedagang yang berjualan untuk membakarkan gorengan yang telah kamu pilih. Gorengan tersebut nantinya akan dibakar dengan diberi tambahan saus kecap, tentunya akan semakin menambah rasa lezat.

2. Angkringan KR Mangkubumi

Angkringan KR

Angkringan KR – Sumber: Rise Pr.

Saat jam masih menunjukkan waktu siang hari, suasana di depan kantor media cetak Kedaulatan Rakyat atau KR hanya berisi pemandangan yang biasa saja. Namun, saat memasuki waktu selepas maghrib, suasana di depan kantor KR akan mendadak berubah menjadi sangat ramai dengan mulai dibukanya angkringan.

Angkringan tersebut lebih dikenal dengan nama Angkringan KR. Salah satu hal menarik dari Angkringan KR, yaitu lokasinya yang berada di dekat landmark Kota Jogja, yaitu Tugu Jogja.

Menu makanan yang disajikan pada gerobak angkringan tergolong sangat lengkap dibandingkan dengan angkringan pada umumnya. Terdapat dua pilihan tempat duduk di Angkringan KR, yaitu duduk di bangku panjang atau lesehan.

Setelah memilih menu apa yang akan kamu santap, kamu bisa langsung membayar melalui seseorang yang menjaga kasir. Selama menyantap makanan, kamu akan sering dihibur dengan musisi jalanan hingga waria yang selalu datang bergantian.

3. Angkringan Kang Harjo Wijilan

Prasmanan Angkringan Wijilan

Prasmanan Angkringan Wijilan – Sumber: cari-toko.com

Sebagian orang mungkin lebih mengenal Wijilan sebagai tempat yang menghasilkan gudeg terkenal di Jogja. Namun, selain gudeg, ada satu angkringan yang layak untuk kamu coba kunjungi selama berada di Jogja.

Angkringan tersebut ialah Angkringan Kang Harjo atau lebih dikenal dengan nama Angkringan Wijilan, sesuai dengan nama tempat dimana angkringan tersebut berada.

Berbeda dengan kebanyakan angkringan yang melayani pengunjung dengan menggunakan satu gerobak dorong, Angkringan Wijilan justru memiliki ruang untuk pengunjung yang sangat luas.

Angkringan Wijilan telah menyediakan dua lantai dengan pilihan tempat duduk berupa kursi atau lesehan yang dapat digunakan bersantai pengunjung.

Menu angkringan yang dijual, disajikan dengan mengusung konsep prasmanan, dimana setiap pengunjung dapat memilih dan mengambil sendiri menu yang diinginkan.

Jika dari sekian banyak menu yang disajikan membuat kamu bingung memilih makanan apa yang akan disantap, kami menyarankan kamu untuk mulai menyantap dari nasi kucing dengan tambahan lauk sate telur puyuh.

4. Angkringan Kali Code

Angkringan Kali Code

Angkringan Kali Code – Sumber: panduanwisata.id

Jika kebanyakan angkringan hadir membawa suasana remang-remang dengan bantuan cahaya dari petromaks, berbeda dengan Angkringan Kali Code yang akan memberikan suasana lain untuk pengunjungnya.

Sesuai dengan namanya, Angkringan Kali Code berlokasikan tepat di pinggiran Kali Code. Sambil menyeruput satu gelas kopi hitam, dari kawasan angkringan, kamu bisa menyaksikan gemerlap lampu Kota Jogja saat malam hari.

Suara gemercik air sungai beriringan dengan suara kendaraan yang melewati Angkringan Kali Code ikut meramaikan suasana malam. Untuk menu yang disajikan di Angkringan Kali Code termasuk standar, namun memiliki harga yang murah di kantong mahasiswa.

5. Angkringan Klebengan

Angkringan Klebengan

Angkringan Klebengan – Sumber: travelingyuk.com

Angkringan Klebengan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sedang atau pernah menempuh studi di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta. Angkringan Klebengan berlokasi di daerah Klebengan, tidak jauh dari kedua kampus top di Jogja tersebut.

Angkringan Klebengan menjadi salah satu tempat nongkrong favorit bagi mahasiswa untuk sekedar berbincang ringan hingga membicarakan sesuatu yang serius sembari menikmati teh hangat manis.

Jika kamu datang lebih awal, nasi hangat yang dimasak pulen bisa kamu nikmati di sini. Tambahan lauk gorengan yang dibakar dengan kombinasi kecap di atasnya, semakin menambah rasa lezat makanan kamu.

6. Angkringan Sendang

Angkringan Sendang

Angkringan Sendang – Sumber: Yogyes.com

Untuk dapat menikmati menu Angkringan Sendang, kamu dapat menemukannya di dua cabang, pertama yaitu di Jl. Babarsari, kedua di Jl. Jogja – Solo. Untuk menu yang disajikan di setiap cabang, relatif sama. Salah satu hal unik dari Angkringan Sendang, yaitu pengemasan nasi kucing yang berbeda dari biasanya.

Jika pada umumnya nasi kucing dibungkus menggunakan daun pisang dan kertas, Angkringan Sendang membukus nasi kucing dengan kertas yang telah dicetak khusus dengan nama angkringan tersebut.

Datang di waktu malam hari, makan nasi kucing dengan lauk sambal ikan bandeng akan terasa menjadi lebih nikmat ditambah dengan angin malam yang syahdu. Nasi yang dimasak pulen disantap bersama cakar ayam pedas akan membuat lidah kamu tidak berhenti mengecap.

7. The House of Raminten

The House of Raminten

The House of Raminten – Sumber: paketwisatajogja.biz

Jika kebanyakan angkringan masih menggunakan konsep konvensional dengan menggunakan gerobak dorong, berbeda dengan angkringan yang satu ini. The House of Raminten merupakan salah satu wisata jogja di bidang kuliner angkringan yang membawa konsep ala-ala restoran, baik dari tempat, hingga pelayanan yang diberikan.

Hamzah Sulaeman ialah orang yang berada di balik berdirinya Raminten Jogja. Saat memasuki area angkringan, kamu akan merasakan nuansa jawa klasik yang begitu kental dengan diputarnya gending jawa. Aroma dupa yang dinyalakan juga akan tercium oleh setiap pelanggan yang masuk, jadi jangan kaget ya!

Penyajian nasi kucing di angkringan pada umumnya hanya menggunakan selembar daun pisang dan dibalut dengan kertas minyak. Namun, jika kamu makan di The House of Raminten, nasi kucing akan disajikan dengan menggunakan piring berbentu persegi yang telah ditata sedemikian rupa.

Untuk pilihan menu yang terdapat di The House of Raminten sangat lengkap, mulai dari minuman tradisional, seperti jamu, aneka susu, jajanan pasar, dan masih banyak lainnya yang dapat kamu temukan pada buku menu yang tersedia.

Tinggalkan Komentar