Bukit Bintang: Wisata Malam dengan Nuansa Romantis di Jogja

Yogyakarta dikenal sebagai kota dengan destinasi wisata yang cukup komplit, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, kuliner, hingga wisata belanja. Salah satu tujuan wisata yang cukup menarik, diluar dari wisata Jogja pada umumnya, seperti pantai dan candi, yaitu Bukit Bintang.

Bukit Bintang atau dikenal juga dengan nama Hargo Dumilah merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam dari ketinggian 150 mdpl.

Pada pagi hingga sore hari, pemandangan cerah kota Jogja dapat kamu saksikan dari sini tanpa adanya gedung yang menghalangi. Puncak keindahan dari Bukit Bintang terdapat saat malam hari. Ketika gelap sudah menyelimuti Kota Jogja, kamu akan menyaksikan megahnya gemerlap Kota Jogja dengan beratapkan bintang-bintang.

Bukit Bintang

Bukit Bintang – Sumber: @a.dit.ya.kur.ni.a.wan

Beberapa daerah lain di Pulau Jawa juga memiliki tempat wisata sejenis dengan Bukit Bintang, seperti yang ada di Bandung dan Semarang. Namun, tentu saja setiap tempat memiliki keistimewaan masing-masing, termasuk dengan Bukit Bintang Jogja yang memiliki keindahan alam yang sangat memesona.

Jika kamu sudah berada di Kota Jogja untuk liburan, maka sempatkan untuk datang ke wisata yang berada di lantai dua Kota Jogja ini. Kami jamin kamu tidak akan menemukan pemandangan serupa di Bukit Bintang bila hanya berada di pusat kota. Nah, untuk informasi selengkapnya mengenai wisata Bukit Bintang Jogja, silahkan simak artikel ini hingga akhir.

Lokasi Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang berlokasikan di daerah Patuk, Gunung Kidul atau lebih mudahnya cukup mengikuti jalan Yogyakarta – Wonosari ke arah Gunung Kidul, maka tak butuh waktu lama kamu akan menemukan lokasi Bukit Bintang di kanan jalan.

Rute Menuju Bukit Bintang Jogja

Untuk dapat mencapai lokasi, terdapat rute paling mudah yang bisa kamu lalui:

  • Dari arah Kota Jogja (Malioboro atau Tugu) langsung menuju ke Jalan Laksda Adisucipto – Jembatan Layang Janti – Lampu apil pertama lurus terus – Lampu apil kedua belok kiri menuju Jalan Wonosari – Piyungan – Lurus terus tidak begitu jauh hingga jalanan mulai menanjak – lokasi Bukit Bintang berada di kanan jalan.
  • Dari arah Pantai Parangtritis – Jl. Ring Road Selatan – Jl. Jogja Wonosari – Piyungan – Lurus terus tidak begitu jauh hingga jalanan mulai menanjak – lokasi Bukit Bintang berada di kanan jalan.

Akses jalan menuju ke Bukit Bintang sudah sangat bagus dengan jalanan aspal cukup lebar, sehingga jika kamu berangkat menggunakan mobil berukuran besar tidak perlu khawatir. Hanya saja, usahakan supir sudah mahir dalam berkendara, karena saat sudah mendekati lokasi, jalanan akan berubah menjadi menanjak dengan beberapa kelokan tajam.

Fasilitas di Bukit Bintang Jogja

Sebagai tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, pengelola telah menyiapkan beragam fasilitas, antara lain:

1. Cafe dan Restoran

Sebelum ramai dikunjungi seperti saat ini, Gunung Kidul merupakan daerah yang gersang dan tidak menarik minat wisatawan untuk dikunjungi, termasuk wisata Bukit Bintang. Berlatar belakangkan permasalahan tersebut, warga sekitar berinisiatif untuk membangun beberapa warung dan café untuk dapat menarik pengunjung.

Usaha tersebut terbilang berhasil, pemilihan lokasi mendirikan warung yang tepat menjadikan Bukit Bintang saat ini menjadi salah satu tempat wisata romanits paling populer yang ada di Jogja.

Kamu dapat menikmati beragam varian menu yang disajikan di Warung Bukit Bintang, mulai dari minuman hingga makanan dengan harga yang terjangkau. Sambil menunggu hidangan tersaji, suasana romantis dengan pemandangan Kota Jogja akan selalu menemani obrolan malam kamu.

2. Tempat Penginapan

Jika kamu tinggal jauh dari lokasi Bintang Bintang, tidak perlu khawatir untuk pulang terlalu larut malam, karena di Bukit Bintang telah tersedia beberapa lokasi penginapan.

Harga yang dipatok setiap penginapan relatif berbeda-beda, tergantung pada fasilitas yang ditawarkan dan tipe kamar yang kamu pilih. Namun, jika dirata-rata, harga penginapan di Bukit Bintang, yaitu berkisar dari Rp. 100.000 hingga Rp. 350.000 untuk penginapan permalamnya.

3. Tempat Parkir

Beberapa tahun yang lalu, area parkir di Bukit Bintang hanya terdapat tepat di depan masing-masing pelapak. Untuk hari normal, parkiran tersebut masih dapat menampung seluruh kendaraan. Namun, ketika liburan tiba, maka pengunjung akan kesulitan dalam mencari tempat parkir yang kosong.

Nah, untuk saat ini kamu tidak perlu khawatir jika datang di hari liburan. Tepat di atas sedikit dari lokasi Bukit Bintang telah dibangun rest area dengan ukuran cukup luas, yang sekaligus dapat digunakan untuk parkir saat jumlah pengunjung meningkat.

4. Pemandangan Luar Biasa

Pemandangan dari suatu tempat wisata tentu menjadi pertimbangan utama bagi wisatawan. Apakah tempat tersebut memiliki pemandangan indah yang tidak bisa didapatkan di tempat asalnya, sehingga layak dikunjungi atau malah justru sebaliknya.

Bukit Bintang merupakan tempat wisata yang sangat kami rekomendasikan, terutama untuk kamu yang senang berkunjung wisata outdoor dengan panorama landscape yang begitu indah. Saat malam hari, Bukit Bintang akan berubah seketika menjadi tempat romantis dengan pemandangannya yang memukau.

Selain pemandangan alam, kamu juga dapat berfoto dengan tulisan Gunung Kidul dengan berukuran besar yang berada di kawasan rest area.

Gunung Kidul

Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Bukit Bintang Jogja

Jika kebanyakan lokasi wisata yang telah memiliki nama cukup populer akan mematok biaya tertentu untuk dapat masuk ke lokasi wisata, berbeda dengan Bukit Bintang. Di lokasi wisata ini pengunjung tidak akan dikenakan tarif masuk wisata sepeser pun.

Pengunjung yang datang hanya akan dikenakan tarif parkir apabila membawa kendaraan pribadi. Untuk parkir motor akan dikenakan tarif sebesar Rp. 3.000. Untuk tarif kendaraan lainnya, seperti mobil tentu akan sedikit lebih besar, namun tetap terjangkau.

Galeri Foto Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja – Sumber: @musickshot

Jika kamu berkunjung di malam hari dan tiba saat cuaca cerah dengan sinar rembulan yang terang, kamu akan dapat melihat Gunung Merapi dengan remang-remang dari kejauhan.

Tempat Romantis di Jogja

Tempat Romantis di Jogja – Sumber: @awikbaidawi

Tempat romantis memang identik dengan muda-mudi yang sedang dimabuk cinta. Saat berada di Bukit Bintang Jogja, kamu akan melihat banyak pasangan muda-mudi yang sedang asik bercengkrama sambil menikmati suasana dari ketinggian.

Bersama Keluarga di Bukit Bintang

Bersama Keluarga di Bukit Bintang – Sumber: @themanglung

Menikmati momen bersama pacar di tempat romantis merupakan hal yang lumrah. Namun, untuk menikmati momen romantis bersama keluarga di Bukit Bintang merupakan suatu kesempatan istimewa yang bisa kamu lakukan.

Pedagang di Bukit Bintang

Pedagang di Bukit Bintang – Sumber: bolpenhitam.blogspot.com

Sambil menimati gemerlap malam di Kota Pelajar, kamu bisa sambil menyantap jagung bakar yang dijual oleh pedagang di sekitar Bukit Bintang. Tenang saja, berbeda dengan kebanyakan jajanan di tempat wisata lain yang sering mengalami kenaikan harga berkali lipat, untuk di Bukit Bintang harga masih tergolong normal.

Belum ada komentar

Tinggalkan Komentar