Gua Rancang Kencana: Tempat Wisata Sejarah di Gunung Kidul

Gua Rancang Kencana

Gua Rancang Kencana – Sumber: ksmtour.com

Salah satu destinasi wisata alam gua di Gunung Kidul yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, yaitu Gua Rancang Kencana. Gua yang berada di daerah karst ini dapat kamu jadikan salah satu pilihan alternatif untuk kamu kunjungi di waktu liburan.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, ada yang menyebutkan bahwa Gua Rancang Kencana dulunya ialah tempat yang digunakan oleh manusia purba sekitar ribuan tahun yang lalu.

Dugaan tersebut semakin diperkuat dengan ditemukannya peninggalan purba yang terletak di kawasan Situs Bleberan. Pada Situs Bleberan terdapat kumpulan benda-benda purba dari zaman Megalitikum yang letaknya tidak jauh dari lokasi Gua Rancang Kencana.

Selain dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata jogja, Gua Rancang Kencana juga dijadikan tempat untuk melakukan prosesi sarasehan, kemah, atau beberapa acara lainnya.

Untuk dapat memasuki Gua Rancang Kencana tidak dibutuhkan keahlian khusus, seperti halnya di Gua Jomblang. Pengunjung hanya perlu turun melewati tumpukan batu yang membentuk seperti anak tangga yang telah tersedia.

Saat memasuki wilayah gua, kamu akan langsung menyaksikan ruangan berukuran 20 x 20 meter dengan tinggi gua sekitar 12 meter. Selain itu, kamu juga akan disambut dengan adanya pohon klumpit berukuran raksasa di tengah-tengah gua yang semakin menambah keunikan dari Gua Rancang Kencana.

Gua yang berlokasikan di Gunung Kidul ini tidak begitu gelap layaknya gua pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan cahaya matahari masih dapat menembus ke dalam gua melewati lubang di atas atap. Ornamen yang terdapat di kawasan gua juga tidak begitu banyak, hanya terdapat beberapa stalaktit dan stalakmit saja.

Pada sisi lain gua terdapat area ruang kecil dengan pencahayaan yang sangat minim, serta memiliki udara yang sedikit pengap. Untuk dapat memasuki ruangan tersebut, kamu harus berhati-hati agar kepala tidak terbentur ruangan yang sempit. Di dalam ruangan kecil tersebut, kamu dapat melihat adanya lukisan bendera dengan rangkaian kata-kata penyemangat untuk para pejuang kita dulu.

Terdapat pula adanya sebuah lorong di bagian gua yang konon katanya jika dilalui sampai akhir, maka akan menembus ke Air Terjun Sri Gethuk. Namun, sayangnya saat ini sebagian dari bagian lorong sudah tidak utuh lagi, karena telah mengalami keruntuhan.

Lokasi Gua Rancang Kencana

Gua Rancang Kencana masih berlokasikan di satu kawasan dengan wisata Air Terjun Sri Gethuk, tepatnya di Dusun Bleberan, Playen, Gunung Kidul.

Harga Tiket Masuk Gua Rancang Kencana

Untuk harga tiket masuk ke Gua Rancang Kencana yaitu Rp. 15.000 sudah termasuk satu paket untuk kunjungan wisata terusan ke Air Terjun Sri Gethuk.

Galeri Foto Gua Rancang Kencana

Pohon Raksasa Gua Rancang Kencana

Pohon Raksasa Gua Rancang Kencana – Sumber: eksotisjogja.com

Bendera di Gua Rancang Kencana

Bendera di Gua Rancang Kencana – Sumber: jarangpanas.com

Ruang Gua Rancang Kencana

Ruang Gua Rancang Kencana – Sumber: kompasiana.com

Tinggalkan Komentar