Berburu Spot Foto Instagramable di Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan atau dikenal juga dengan nama Hutan Pinus Imogiri merupakan salah satu objek wisata alam dan outdoor yang berada di kawasan Bantul, Yogyakarta.

Saat ini, kawasan Hutan Pinus Mangunan memiliki luas kurang lebih 500 hektar. Kawasan hutan pinus di Jogja, khususnya hutan pinus mangunan saat ini sangat banyak diminati, tidak hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan asing.

Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi atau sekedar berswafoto untuk diunggah ke media sosial, wisata hutan di Jogja ini cocok untuk dikunjungi. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang ribuan pohon pinus yang berdiri tegak dan tentunya sangat instagenic.

Selain memiliki pemandangan yang indah untuk dijadikan objek foto, hutan pinus merupakan tempat yang tepat apabila kamu ingin menenangkan diri. Suasananya yang tenang, teduh, dan memiliki udara yang segar akan membuat kamu nyaman berlama-lama di tempat wisata jogja ini.

Fakta Unik Kawasan Hutan Pinus Imogiri

Sebelum terbentuk menjadi tempat wisata yang keren di Jogja seperti sekarang, dulunya kasawan Hutan Pinus Mangunan merupakan daerah yang gersang. Untuk mengatasi hal tersebut, PERHUTANI kemudian melakukan program utama pada kawasan ini dengan melakukan penghijauan.

Tanah seluas 500 ha ini kemudian ditanami beragam bibit tumbuhan, termasuk bibit pohon pinus. Beberapa tahun kemudian hasil dari program reboisai mulai terlihat dan terbilang berhasil. Kini wilayah tersebut tidak hanya difungsikan sebagai hutan lindung, namun juga sukses menjadi tempat wisata yang cukup popular di Jogja.

Spot Foto di Hutan Pinus Mangunan

Nah, apabila kamu ingin berkunjung ke salah satu tempat hits yang berada di Jogja ini, kamu bisa melihat-lihat beberapa referensi spot foto yang terdapat di Hutan Pinus Mangunan yang telah kami kumpulkan.

1. Foto Lebih Seru Bersama Teman-Teman

Hammock Hutan Pinus Mangunan

Eksis Dengan Hammock di Hutan Pinus Mangunan – Sumber: Instagram @wellsonkurniawan

Di Hutan Pinus Mangunan, tersedia tempat foto yang akan membuat kamu terlihat bergelantungan. Hammock yang dikaitkan pada kedua pohon dan disusun secara bertingkat akan membuat foto kamu menjadi terlihat keren dan sangat unik.

Tenang saja, tidak perlu bingung bagaimana cara menaikinya, karena akan ada petugas yang mengarahkan kamu untuk naik ke hammock tingkat paling atas.

2. Suasana Kabut Menghadirkan Mood Tersendiri

Suasana Kabut di Hutan Pinus Mangunan

Suasana Kabut di Hutan Pinus Mangunan – Sumber: Instagram @andybachtiar_

Adanya kabut di area hutan pinus ternyata tidak membuat hasil foto menjadi menurun, namun justru sebaliknya. Hasil foto saat hutan masih dalam kondisi berkabut membuat suasana foto menjadi terlihat lebih sejuk serta suasana hutan menjadi lebih terasa.

Jika kamu ingin mendapatkan suasana seperti ini, kamu bisa datang di pagi hari saat matahari belum terlalu tinggi.

3. Foto Lebih Keren Dengan Sinar Mentari Pagi

Mentari Pagi di Hutan Pinus Mangunan

Mentari Pagi di Hutan Pinus Mangunan – Sumber: Instagram @iladewa

Sebelum berangkat ke Hutan Pinus Mangunan, ada baiknya kamu memilih untuk berangkat di pagi hari yang cerah. Berfoto dengan membelakangi sinar mentari pagi yang masuk melewati celah-celah pohon pinus akan membuat foto kamu terlihat lebih hangat.

4. Jalan Sendirian Tidak Masalah, Tetap Keren Kok!

Hutan Pinus Mangunan

Jalan Jalan di Hutan Pinus Mangunan – Sumber: Instagram @iwanamaco

Saat ini status single dianggap seakan menjadi hal yang sangat memalukan. Padahal, kamu tidak perlu malu. Melakukan perjalanan yang seru tidak harus selalu dengan pacar, bukan? Foto kamu akan tetap terlihat bagus saat berfoto di lokasi Hutan Pinus Mangunan meskipun hanya berjalan sendirian.

5. Duduk Berdua Bersama Sahabat Juga Ide yang Oke Lho!

Duduk Berdua di Hutan Pinus Mangunan

Duduk Berdua di Hutan Pinus Mangunan – Sumber: Instagram @iwanamaco

Kamu bisa memperlihatkan keakraban dengan sama sahabat kamu sambil duduk bersama. Agar foto yang dihasilkan lebih menarik, kamu bisa mengambil foto dengan memposisikan objek utama berada di tengah dan memberikan ruang yang lebih untuk memperlihatkan banyaknya pohon pinus yang berada di belakang kamu.

6. Foto Ala-Ala Candid Sambil Duduk di Bangku Kayu

Foto Candid di Hutan Pinus Mangunan

Foto Candid di Hutan Pinus Mangunan – Sumber: Instagram @helminursifah

Agar foto tidak monoton dengan pose selalu menghadap ke kamera, kamu bisa mencoba bergaya ala-ala candid. Cukup dengan duduk di salah satu bangku pohon yang kamu temukan, maka hasil foto kamu akan terlihat lebih natural.

7. Salah Satu Spot Pre Wedding Terbaik yang Ada di Jogja

Foto Pre Wedding di Hutan Pinus Mangunan

Foto Pre Wedding di Hutan Pinus Mangunan – Sumber: Alvin Photography

Selain memiliki panorama yang indah, dalam budaya Korea, hutan pinus merupakan simbol dari cinta yang abadi. Pohon yang lurus melambang cinta yang lurus juga, sedangkan daun pinus yang berwarna hijau dianggap sebagai cinta yang kekal. Sehingga tidak sedikit calon pengantin yang memilih Hutan Pinus Mangunan sebagai lokasi dari pre wedding pernikahan mereka.

Lokasi dan Rute Hutan Pinus Mangunan

Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 23 kilometer. Lokasi Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini bisa ditempuh selama kurang lebih 60 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota.

Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi Hutan Pinus Mangunan, lokasinya terletak di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul. Hutan ini terkenal juga dengan sebutan Hutan Pinus Nganjir, jadi gak usah bingung ya kalau namanya ada banyak. Agar lebih jelas, kamu bisa melihat melalui peta google map berikut.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan berada di Desa Dlingo, Bantul. Jarak dari pusat kota Jogja kurang lebih sekitar 23 KM dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam saat kondisi lalu lintas lancar.

  • Dari Kota Jogja langsung menuju ke area Makam Raja Imogiri > Terdapat pertigaan sebelum area makam, ambil jalur ke kanan > Dari pertigaan Mangunan ambil ke kiri ke arah Hutan Pinus Mangunan.

Harga Tiket di Hutan Pinus Mangunan

KETERANGAN TARIF
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp. 2.500
Parkir Mobil Rp. 2.500
Parkir Bus Rp. 2.000
Foto Prewedding Rp. 5.000

Belum ada komentar

Tinggalkan Komentar