Review Jogja Bay: Wahana Bermain Air Terluas di Asia Tenggara

Untuk mengisi waktu libur semester perkuliahan kemarin, saya bersama ketiga teman saya menyempatkan diri untuk pergi ke Jogja Bay. Saya memang cukup penasaran untuk merasakan secara langsung bermain di wahana yang selama ini hanya saya lihat dari luar pagar pembatasnya saja.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu Jogja Bay, Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark merupakan tempat bermain air untuk keluarga yang menawarkan beragam wahana, mulai dari yang aman untuk dimainkan anak kecil hingga wahana yang dapat memacu adrenalin orang dewasa.

Jogja Bay

Jogja Bay – Sumber: Channel Youtube Ryo Aulya

Jogja Bay telah diresmikan menjadi destinasi wisata jogja kurang lebih tiga tahun yang lalu oleh Sri Sultan Hamengkubowono X. Diawal pembukaannya, Jogja Bay langsung disambut hangat oleh para pengunjung yang dibuat penasaran dengan pembangunannya yang terlihat megah dari luar.

Alamat Jogja Bay

Jika di atas saya telah menyebutkan nama Sri Sultan Hamengkubuwono X, maka sudah tentu Jogja Bay berada di Yogyakarta. Lokasi Jogja Bay berada tepat di samping Stadion Maguwoharjo.

  • Rute perjalanan dari Bandara Adisucipto : Bandara – Jl. Candi Sambisari – Jl. Selokan Mataram – Jl. Anggrek – Jl. Diponegoro – Jl. Raya Pasekan – Jl. Sopalan – Jl. Beringin Raya – Jl. Stadion – Jogja Bay

Harga Tiket Jogja Bay

Saat mulai masuk di kawasan Jogja Bay, saya langsung disambut oleh adanya kapal  berukuran besar. Benar saja, ternyata Jogja Bay merupakan waterpark yang mengusung tema bajak laut yang dijahit rapi dengan tradisi di Jogja.

Berjalan sedikit ke depan, saya langsung dapat menemukan loket penjualan tiket masuk. Area loket terlihat cukup luas, hanya saja tiap loket berposisi saling berhadapan, sehingga mungkin apabila memasuki musim liburan maka loket akan terlihat saling berpunggungan. Kebetulan, saya saat itu datang bukan dihari libur sehingga loket sangat senggang dan tak perlu mengantri.

Untuk harga tiket normal di Jogja Bay adalah sebagai berikut:

Senin-Jum’at Harga Sabtu-Minggu Harga
Anak-Anak Rp. 60.000 Anak-Anak Rp. 75.000
Dewasa Rp. 90.000 Dewasa Rp. 100.000

Jam Buka Jogja Bay

Jika kamu memiliki libur yang tidak pasti berada diakhir pekan, tak perlu khawatir. Karena kabar baiknya Jogja Bay membuka wahana permainan airnya setiap hari. Berikut informasi lengkapnya:

Layanan Senin-Jum’at Sabtu-Minggu
Loket 09:00-16:00 08:00-16:00
Wahana 09:00 – 17:00 09:00 – 17:00

Aturan Jogja Bay

Sebelum resmi memasuki area bermain di Jogja Bay, saya terlebih dahulu harus melewati proses pemeriksaan oleh pihak keamanan. Aturan utama dari Jogja Bay adalah pengunjung dilarang untuk membawa makan dan minum dari luar, karena dikhawatirkan mengotori area Jogja Bay.

Berhubung saya dan teman-teman tidak membawa makanan sedikitpun, maka kami langsung diperbolehkan untuk memasuki area bermain.

Jogja Bay Waterpark Terbesar di Asia Tenggara?

Sebelum saya datang ke Jogja Bay pada hari itu, saya telah mendengar kabar bahwa Jogja Bay adalah waterpark terbesar yang ada di Asia Tenggara. Benar saja, ketika saya mulai masuk, saya langsung dapat melihat luasnya wahana bermain saat itu.

Menurut informasi yang saya dapat dari internet, Jogja Bay ternyata memiliki luas kurang lebih 7,7 hektar lho.

Fasilitas Jogja Bay

1. Musholla

Musholla Jogja Bay

Musholla Jogja Bay – Sumber Jogjabay.caom

Sebelum menikmati wahana permainan yang ada, saya dan teman-teman memutuskan untuk mencari musholla terlebih dahulu. Saya sengaja tidak bertanya pada petugas atau pun mengikuti papan petunjuk yang ada, karena saya ingin sekalian melihat area di Jogja Bay.

Hingga akhirnya saya sampai pada area musholla. Untuk ukuran tempat wisata keluarga seluas ini, saya rasa musholla yang terdapat di Jogja Bay berukuran terlalu kecil. Hal ini terbukti ketika saya akan menjalankan ibadah, saya harus mengantri dengan beberapa orang saat itu, padahal saya datang bukan pada saat musim libur.

2. Loker

Sebelum bermain, saya terlebih dahulu harus berganti pakaian dan meletakkannya di loker yang telah disediakan. Untuk penggunaan 1 loker di Jogja Bay dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000. Tidak perlu khawatir kehabisan loker, karena Jogja Bay telah menyediakan kurang lebih 1.000 loker yang siap digunakan.

3. Gazebo

Terdapat kurang lebih 36 gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung. Untuk dapat menggunakannya, kamu harus membayar biaya sewa harian sebesar Rp. 200.000.

4. Penyewaan Handuk

Jika saat bermain kamu tidak membawa handuk, maka kamu dapat menyewa handuk yang telah disediakan oleh pihak Jogja Bay dengan biaya Rp. 20.000/hari.

5. Layanan Foto

Tidak perlu bingung apabila kamu tidak memiliki kamera untuk melakukan dokumentasi saat bermain air. Seusai bermain, kamu bisa langsung menuju ke Merchandise Store Jogja Bay untuk melihat hasil foto bermain kamu.

Kebetulan saat itu saya dan teman-teman memilih untuk tidak mengambil foto tersebut, dikarenakan menurut teman-teman wajah kami sangat tidak mendukung. Haha. Selain itu, akan dikenakan biaya tambahan apabila ingin mendapat hasil foto tersebut.

6. Mini Pool Bar

Tempat ini sangat cocok untuk digunakan berenang dan bersantai, karena telah disediakan kursi di sekitar area kolam renang. Selain itu, kamu juga dapat menikmati aneka jus yang dijual.

7. Harbour Theather

Setiap hari minggu jam 14.00 WIB, Jogja Bay secara rutin menghadirkan drama musikal dengan tema tertentu. Sayang sekali, saat itu saya berkunjung tidak di hari minggu, sehingga hanya terdapat panggung kosong.

Masih banyak lagi fasilitas yang diberikan oleh Jogja Bay, seperti area parkir yang luas, ban renang dan pelampung gratis, restoran, dan beberapa lainnya yang tidak sempat kami coba saat itu.

Wahana Jogja Bay

Wahana air yang terdapat di Jogja Bay kurang lebih ada 12 wahana. Mayoritas dari wahana tersebut telah saya coba, terutama wahana untuk orang dewasa. Oh iya, wahana di Jogja Bay tidak dapat dimainkan setiap waktu, karena sudah terdapat jadwal permainannya. Jadi, jangan sampai ketinggalan!

1. South Beach

Jogja Bay Waterpark

South Beach – Sumber jogjabay.com

Seusai mengganti pakaian, saya diberitahu oleh petugas bahwa wahana south beach akan segera dimulai. Pada awalnya saya merasa wahana ini biasa saja layaknya kolam renang biasa. Namun, secara perlahan ban pelampung yang saya naiki berubah dari tenang menjadi bergoyang seperti terkena ombak.

Ternyata wahana south beach ini merupakan wahana yang memiliki konsep gelombang tsunami. Sehingga semakin lama maka sapuan ombak akan semakin terasa.

2. Donte Wild River

Donte Wild River

Donte Wild River – Sumber jogjabay.com

Setelah wahana south beach berhenti, kami langsung memasuki sungai yang berada di sisi south beach. Dengan menggunakan ban pelampung yang telah disediakan gratis, saya dapat berkeliling sungai yang mengalir mengelilingi wahana lainnya dengan tenang sambil menikmati hembusan angin.

3.  Timo-Timo Rider

Timo Timo Rider

Timo Timo Rider – Sumber jogjabay.com

Memasuki wahana yang mulai memacu adrenalin. Wahana timo-timo rider hanya diperkenankan untuk dua orang. Kebetulan saat itu kami beranggotakan empat orang, sehingga dibagi menjadi dua tim dengan masing-masing dua orang.

Lintasan pada arena ini tidak begitu panjang, namun sebagai pembukaan, putaran yang dimilikinya lumayan membuat jantung bekerja lebih.

4. Jolie Raft River

Jolie Raft River

Jolie Raft River – Sumber jogjabay.com

Saya sedikit lupa nama wahana yang satu ini. Namun, yang masih saya ingat sampai sekarang adalah wahana ini hanya digunakan untuk 1 orang tanpa menggunakan ban pelampung. Hasilnya tidak begitu menegangkan, hanya saja bagian punggung saya terasa sedikit sakit terkena sambungan antar lintasan.

5. Volcano Coaster

Volcano Coaster

Volcano Coaster – Sumber jogjabay.com

Wahana ini dapat dinikmati oleh 3 orang dan harus menggunakan ban pelampung. Sesuai dengan namanya, wahana ini terbilang lumayan bikin jantung deg-degan!

6. Bekti Adventure

Bekti Adventure

Bekti Adventure – Sumber jogjabay.com

Salah satu wahana favorit saya, yaitu Bekti Adventure. Kamu dapat menaiki wahana ini dengan minimal 3 orang dan maksimal 4 orang. Pada wahana ini kamu akan mendengar suara teriakan kamu, terutama saat melewati slider.

7. Memo Racer

Memo Racer

Memo Racer – Sumber jogjabay.com

Wahana menurut saya tidak menegangkan, hanya saja cukup seru untuk dimainkan bersama teman-teman. Terdapat 8 lintasan yang siap digunakan lomba kecepatan berseluncur bersama teman-teman kamu.

8. Brando Boomeranggo

Brando Boomeranggo

Brando Boomeranggo – Sumber jogjabay.com

Ini adalah wahana terakhir yang kami coba. Kamu dapat mendapatkan sensasi sesuai dengan namanya, yaitu bumerang. Lintasan ini dirancang untuk membuat kamu seolah terpental, lalu kemudian kembali lagi.

Promo Jogja Bay

Jika kamu berniat untuk bermain di wahana Jogja Bay, ada baiknya untuk mencari informasi promo terbaru melalui website resmi dan instagramnya. Hingga saat ini, Jogja Bay selalu rutin memberikan penawaran promo menarik untuk pengunjung yang ingin bermain.

Foto Wahana Jogja Bay

1 Tanggapan

  1. Basir August 25, 2018

Tinggalkan Komentar