Kebun Buah Mangunan: Sensasi Wisata di Atas Lautan Awan

Saat jam masih menunjukkan waktu subuh, kebanyakan orang mungkin lebih memilih untuk masih bermalas-malasan di tempat tidur sambil menggunakan selimut hangat. Namun, bagaimana jika kamu mencoba hal baru dengan melakukan perjalanan wisata saat subuh dimana langit masih tampak gelap?

Mungkin kamu bertanya-tanya,”Apakah ada tempat wisata yang sudah dapat dikunjungi saat pagi dini hari?” Jawabannya adalah ada. Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata Jogja yang sudah dapat kamu kunjungi saat langit masih gelap.

Meskipun matahari belum terbit dari ufuk timur, Kebun Buah Mangunan sudah ramai didatangi pengunjung. Apa sih yang membuat tempat ini istimewa sampai banyak orang rela menghabiskan dinginnya pagi di tempat ini?

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan – Sumber: @felgra_photography

Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata alam yang selalu ramai dikunjungi mulai dari pagi dini hari hingga tibanya senja. Memiliki ketinggian sekitar 150 sampai 200 mdpl membuat Kebun Buah Mangunan menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan peristiwa terbit dan terbenamnya matahari.

Sesuai dengan namanya, di Kebun Buah Mangunan, pengunjung dapat menikmati kesegaran buah-buahan yang baru dipetik dari pohon. Hanya saja, mayoritas buah-buahan di tempat ini merupakan buah musiman, sehingga tidak dapat ditemukan setiap waktu. Meskipun menyandang nama sebagai Kebun Buah, kebanyakan wisatawan yang datang justru bukan untuk menikmati buah-buahan yang ada di sini, melainkan untuk menyaksikan pemandangan alamnya.

Menyaksikan sunrise di Kebun Buah Mangunan telah menjadi favorit banyak wisatawan. Apabila kamu datang disaat cuaca sedang bersahabat, kamu bisa melihat lautan awan yang memenuhi pemandangan di depan gardu pandang dengan berpadukan warna orange khas dari matahari pagi. Jadi, kamu akan dibawa merasakan suasana seperti sedang berada di puncak gunung.

Selain itu, daya tarik lainnya dari Kebun Buah Mangunan, yaitu pemandangan Sungai Oya dari ketinggian. Sungai yang sering mendapat sapaan sebagai Sungai Amazon Jogja ini dapat terlihat langsung di bawah gardu pandang yang berada di pinggir tebing.

Saat sinar mentari sudah mulai terik, perlahan lautan awan akan mulai menghilang dan bergantikan dengan pemandangan Sungai Oya yang terlihat jelas dengan panorama landscape perbukitan yang ada di depan gardu pandang.

Fasilitas di Kebun Buah Mangunan

  • Lahan parkir luas
  • Gazebo
  • Toilet
  • Penginapan
  • Area perkemahan
  • Outbound area

Makin Seru dengan Beragam Aktivitas

1. Menikmati Indahnya Pemandangan

Beruntung kita hidup di tanah Indonesia yang kaya akan pesona alamnya. Beragam tempat yang sangat menyejukkan mata tersebar di seluruh penjuru negeri, termasuk di Jogja yang memiliki wisata alam Kebun Buah Mangunan.

Agar dapat menikmati pemandangan lebih maksimal, kami menyarankan kamu untuk datang di jam tertentu. Jika di pagi hari, kami merekomendasikan untuk datang saat memasuki waktu subuh, karena kemungkinan untuk mendapatkan lautan awan akan semakin besar, kecuali saat Jogja sedang musim kemarau panjang.

Sedangkan untuk di siang hari kami tidak begitu merekomendasikan, karena cuaca di gardu pandang akan sangat terik. Jika tidak ingin berangkat di pagi hari, kamu bisa berangkat setelah waktu ashar. Cuaca yang tidak terlalu panas membuat kamu dapat lebih bersantai sambil menunggu waktu tenggelam matahari bersama warna jingganya.

Saran lainnya dari kami, yaitu datanglah saat hari kerja, bukan di akhir pekan atau malah di hari libur panjang. Di hari biasa saja, Kebun Buah Mangunan selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi di hari libur. Kami jamin, kamu akan kesulitan mencari tempat berfoto yang sepi saat hari libur.

2. Camping

Beberapa alasan pengunjung yang tidak datang pagi ke Kebun Buah Mangunan adalah karena masalah jarak dari lokasi penginapan menuju ke tempat wisata yang terhitung jauh.

Maka dari itu, pihak pengelola telah menyediakan solusi untuk pengunjung yang menginap jauh dari lokasi Kebun Buah Mangunan, yaitu dengan menyediakan camping area. Kamu dapat bermalam dengan mendirikan tenda di lokasi ini, sehingga kamu tidak perlu tergesa-gesa untuk berangkat saat dini hari.

Untuk membuat suasana camping menjadi lebih hangat, kamu dapat memesan kayu bakar pada pengelola cukup dengan membayar tarif kayu kering sesuai dengan yang telah disepakati.

3. Outbond

Selain menyediakan kawasan kemah, pihak pengelola Kebun Buah Mangunan juga telah menyediakan arena outbond untuk pengunjung. Jadi, apabila kamu ingin mencari tempat outbond sekaligus melakukan kegiatan wisata bersama keluarga, komunitas, atau lainnya, maka Kebun Buah Mangunan dapat kamu jadikan sebagai salah satu pilihan.

Untuk dapat menikmati keseruan outbood di kawasan agrowisata ini, kamu cukup membayar biaya sebesar Rp. 25.000 sampai Rp. 35.000. Dengan biaya tersebut, kamu sudah dapat memilih beberapa jenis permainan untuk memeriahkan suasana.

4. Berburu Buah-Buahan Segar

Jika kamu datang ke wisata Kebun Buah Mangunan sesuai dengan jadwal panen buah, maka kamu dapat membeli buah-buahan yang tersedia dengan harga di bawah pasaran. Salah satu buah yang menjadi favorit di kebun buah ini, yaitu Durian.

Lokasi dan Akses Jalan

Berangkat menuju tempat wisata di waktu subuh tentu akan menambah pengalaman tersendiri di memori kamu. Sepanjang perjalanan menuju Kebun Buah Mangunan, kamu akan disapa akrab oleh lampu jalanan yang masih menyala terang bersama dengan embun pagi yang begitu segar ketika dihirup.

Kebun Buah Mangunan berlokasikan di Dusun Mangunan, Dlingo, Bantul. Tidak jauh dari wisata alam lainnya, seperti Hutan Pinus Mangunan. Jarak tempuh dari pusat Kota Jogja ke Kebun Buah Mangunan adalah sekitar 35 km atau hanya sekitar 1 jam perjalanan.

Saat ini belum terdapat angkutan umum dengan rute khusus yang menuju lokasi Kebun Buah Mangunan. Jadi, jika kamu tidak memiliki kendaraan, kamu bisa meminjam disalah satu rental mobil / motor Jogja.

Untuk dapat mencapai lokasi Kebun Buah Mangunan sudah sangat mudah, karena telah terdapat banyak papan petunjuk di sepanjang jalan. Jika kamu berangkat dari arah Bandara Internasional Adisucipto, maka kamu dapat langsung menuju Jembatan Layang Janti, kemudian belok ke kiri menuju arah Ring Road Selatan.

Lurus terus menyusuri Jl. Ring Road Selatan sampai menemukan perempatan lampu apil Terminal Giwangan, kemudian belok kiri. Setelah itu, lurus terus hingga melewati dua lampu apil, kemudian belok ke kanan menuju Jl. Imogiri Timur. Kamu hanya tinggal lurus sampai tiba di Pasar Imogiri kemudian belok ke kiri. Dari sini kamu dapat mengikuti papan petunjuk jalan menuju ke arah Dlingo, kemudian ke arah Mangunan.

Harga Tiket Kebun Buah Mangunan

KETERANGAN TARIF
Tiket Masuk Rp. 5.000
Parkir Gratis

Galeri Foto Kebun Buah Mangunan

Agrowisata Kebun Buah Mangunan

Agrowisata Kebun Buah Mangunan – Sumber: @roh_kyt

Awan Kebun Buah Mangunan

Awan Kebun Buah Mangunan – Sumber: @ipooonk

Gazebo Kebun Buah Mangunan

Gazebo Kebun Buah Mangunan – Sumber: agusbudisulistyo

Samudra di Atas Awan Kebun Buah Mangunan

Samudra di Atas Awan Kebun Buah Mangunan – Sumber: @fdevena

Tinggalkan Komentar