Pantai Indrayanti: Pantai Bersih dengan Hamparan Pasir Putih

Bicara tentang destinasi wisata yang terdapat di kota pelajar ini memang tidak akan pernah ada habisnya. Pilihan tujuan wisata mulai dari candi, kuliner, belanja, atau beragam wisata alam dapat kamu kunjungi hanya di Jogja. Salah satu destinasi wisata jogja yang kerap menarik perhatian para wisatawan yaitu wisata alam, khususnya pantai.

Jika kamu sedang merencanakan untuk berlibur ke pantai dan bingung akan menghabiskan waktu di mana, Jogja bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk kamu kunjungi. Selain terkenal sebagai kota dengan biaya wisata yang cukup terjangkau untuk seluruh kalangan, Jogja juga menyimpan puluhan pantai yang bisa kamu kunjungi.

Pada umumnya pasir pantai yang terdapat di Jogja memiliki dua karakteristik yang berbeda, yaitu pantai dengan pasir hitam dan pasir putih. Pantai dengan pasir hitam umumnya terdapat pada bagian selatan Jogja pada kabupaten Bantul, sedangkan pantai dengan pasir putih terdapat pada kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti – Sumber: @roh_kyt

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai di Wonosari, Gunung Kidul yang memiliki karakteristik pantai dengan pasir putih. Kini, Pantai Indrayanti sukses menjadi salah satu pantai yang sering menjadi tujuan utama wisatawan saat berlibur ke Jogja. Bagi penulis hal tersebut tidak mengherankan jika dilihat dari beragam fasilitas dan pemandangan yang diberikan saat berkunjung ke pantai tersebut. Yuk, simak selengkapnya!

Sejarah Pantai Indrayanti

Jika kebanyakan pantai di wilayah Jogja terkenal dengan nama yang merupakan wilayah dimana pantai tersebut berada, berbeda dengan nama yang didapat oleh pantai ini. Nama pantai Indrayanti yang kita kenal saat ini bukanlah nama yang secara resmi diberikan oleh Pemkab Gunung Kidul.

Nama Indrayanti merupakan nama sebuah restoran dan sekaligus nama dari pemilik restoran yang berada pada pantai tersebut. Penggunaan papan nama “Indrayanti” di depan rumah makan tersebut menjadikan banyak orang yang mengira bahwa “Indrayanti” merupakan nama resmi pantai tersebut. Padahal, pemerintah kabupaten Gunung Kidul telah memberikan nama resmi pantai ini dengan sebutan pantai pulang syawal/sawal.

Setelah cukup dikenal oleh kalangan masyarakat, sebelum tahun 2014 Pantai Indrayanti sempat menuai kontroversi karena dianggap melanggar aturan. Pihak swasata yang mengelola pantai tersebut sebelumnya dianggap telah membeli hak pakai wilayah pada warga setempat dan tidak meminta izin secara resmi pada pemerintah. Padahal, wilayah Pantai Indrayanti diketahui merupakan salah satu kawasan milik Kesultanan Yogyakarta.

Dari latar belakang masalah tersebut itulah membuat Pantai Indrayanti sempat ditutup untuk wisatawan sementara waktu. Setelah menjalani proses diskusi dan kesepakatan antara pengelola dengan Pemerintah, maka pada tahun 2014 Pantai Indrayanti kembali dibuka untuk umum. Tak butuh waktu lama, Pantai Indrayanti langsung kembali sebagai tujuan wisata masyarakat lokal hingga mancanegara.

Sejarah yang cukup unik, bukan?

Larangan di Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai yang sangat nyaman untuk dikunjungi. Berbeda dengan beberapa pantai lainnya, pantai ini terlihat bersih dan tidak banyak sampah yang bersebaran, serta didukung dengan beragam fasilitas yang terawat.

Hal tersebut tidak terlepas dari adanya peran tegas dari pengola pantai. Untuk menjaga agar garis Pantai Indrayanti tetap terjaga kebersihannya, pengelola setempat rutin untuk membersihkan sampah yang ada. Selain itu, pengelola juga tidak akan segan-segan untuk memberikan denda sebagai efek jera sebesar Rp. 10.000 kepada wisatawan yang membuang sampah sembarangan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Indrayanti

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Pantai Indrayanti dibandingkan dengan pantai lainnya, yaitu dukungan fasilitas yang terdapat di pantai tersebut. Ada beberapa fasilitas yang terdapat di pantai ini, antara lain:

Payung Pantai

Salah satu ciri khas lainnya dari pantai ini, yaitu terdapat deretan payung sepanjang bibir pantai untuk pengunjung yang ingin menikmati deburan ombak sambil bersantai. Kamu dapat menggunakan fasilitas yang disediakan oleh warga dengan cukup membayar biaya sewa sebesar Rp. 20.000.

Jet Ski

Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda selama mengunjungi Pantai Indrayanti, kamu dapat menyewa motor jet ski untuk bermain selama kurang lebih lima belas menit dengan membayar Rp. 250.000.

Gazebo

Tidak perlu takut kepanasan jika berkunjung ke Pantai Indrayanti pada siang hari. Karena telah tersedia beberapa gazebo yang siap digunakan. Hanya dengan membayar uang sewa Rp. 30.000. Kamu dapat berteduh bersama kerabat untuk menikmati hembusan angin pantai sambil memakan cemilan.

Mushola

Bagi kamu yang beragama muslim, tak perlu khawatir. Kamu bisa menjalankan kewajiban ibadah kamu dengan nyaman, karena telah disediakan mushola yang dapat digunakan.

Toilet

Setelah puas bersenang-senang dan bermain air di bibir pantai, kamu dapat bersalin dengan menggunakan toilet yang telah disediakan.

Penginapan di Pantai Indrayanti

Berdasarkan informasi yang penulis dapatkan, terdapat beberapa penginapan murah apabila kamu ingin bermalam di sekitar Pantai Indrayanti.

  1. Penginapan Walet Guest House
  2. Penginapan Cemara Udang
  3. Penginapan Joglowatukelir
  4. Penginapan Griya Pesisir
  5. Penginapan Bamboo Lengkung Cottage
  6. Penginapan Rock Garden Homestay
  7. Dan masih banyak lagi.

Selain tersedia penginapan, kamu juga bisa melakukan camping lho. Namun, jika ingin melakukan camping, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan di sekitar tenda.

Oleh-oleh Khas Pantai Indrayanti

Jika selepas berwisata ke suatu tempat, tidak sah rasanya apabila tidak membawa buah tangan untuk teman atau saudara di rumah. Saat berkunjung ke Pantai Indrayanti, kamu bisa membeli oleh-oleh seperti makanan hasil olahan laut atau beragam pilihan baju pantai bertuliskan “Pantai Indrayanti”.

Untuk harga oleh-oleh yang dijual di Pantai Indrayanti masih tergolong terjangkau. Terlebih kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah, apabila kamu pandai melakukan tawar menawar dengan pedangan oleh-oleh tersebut.

Kuliner

Tidak perlu khawatir apabila kamu tidak membawa bekal makanan berat yang cukup untuk menahan lapar selama asyik bermain di pantai. Karena di Pantai Indrayanti terdapat banyak rumah makan yang siap melayani perut kamu.

Beruntung bagi kamu yang kurang suka terhadap makanan hasil olahan laut, karena di rumah makan yang terdapat di kawasan pantai ini juga menyediakan menu lain, seperti soto, penyetan, nasi goreng, dan beragam menu seperti rumah makan pada umumnya. Untuk harga mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 100.000, sehingga kamu tidak perlu khawatir karena kamu dapat menyesuaikan harga sesuai dengan kantong kamu.

Lokasi

Seperti yang telah diketahui pada awal artikel ini, letak Pantai Indrayanti berada di Gunung Kidul. Tepatnya pada desa Tepus, kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

Untuk dapat mencapai lokasi, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh kurang lebih 66 KM atau sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja. Lumayan lama, ya. Jalan yang dilalui untuk menuju lokasi sudah terbilang mulus, hanya saja kamu akan sering melewati tikungan dan tanjakan saat sudah memasuki wilayah Gunung Kidul.

Satu hal lain yang menarik dari pantai ini, kamu bisa sekaligus berkunjung ke pantai lainnya seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Sundak dan Pantai Krakal, karena memang jaraknya yang tidak saling berjauhan.

Petunjuk Arah

Karena Pantai Indrayanti sudah tergolong pantai yang populer di Jogja, maka untuk menemukannya sudah tidak terlalu sulit. Karena sudah banyak papan petunjuk jalan yang mengarahkan kamu menju ke lokasi. Namun, perlu dicermati bahwa beberapa papan petunjuk akan menuliskan nama “Pantai Pulang Syawal” bukan “Pantai Indrayanti”. Jadi, jangan bingung, ya.

Berikut rute perjalanan menuju lokasi:

  1. Jogja – Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Tepus. (jalur utama)
  2. Jalan Imogri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron – Lanjut ke timur 10 KM (jalur alternatif)

Peta

Tiket Masuk

KETERANGAN HARGA
Tiket masuk Rp. 10.000
Parkir motor Rp. 4.000
Parkir mobil Rp. 15.000
Sewa payung Rp. 20.000
Sewa jet ski Rp. 250.000/15 menit
Sewa gazebo Rp. 30.000
Toilet (buang air kecil) Rp. 2.000
Toilet (mandi) Rp. 5.000

Foto Pantai Indrayanti

Yuk lihat foto-foto keren dari Instagram teman-teman lainnya yang sudah berkunjung ke Pantai Indrayanti!

Pantai Pulang Sawal

Pantai Pulang Sawal – Sumber: @roh_kyt

Spot Foto Pantai Indrayanti

Spot Foto Pantai Indrayanti – Sumber: @yulizaa.n

Sunset Pantai Indrayanti

Sunset Pantai Indrayanti – Sumber: @nitasellya

Pantai Indrayanati

Pantai Indrayanati – Sumber: @ardy_putra

Pantai Indrayanti Aerial

Pantai Indrayanti Aerial – Sumber: @orak_umum

Pasir Pantai Indrayanti

Pasir Pantai Indrayanti – Sumber: @gorjesso

Pemandangan dari Bukit Pantai Indrayanti

Pemandangan dari Bukit Pantai Indrayanti – Sumber: @kaede_adie

Belum ada komentar

Tinggalkan Komentar