Pantai Kesirat: Menikmati Sunset Terbaik dari Tebing Tinggi

Jika berbicara tentang wisata pantai, tentu ada beberapa hal yang selalu dapat kita temukan pada pantai umumnya, seperti hamparan pasir luas, ombak yang menyapu bibir pantai, atau hewan-hewan laut yang terbawa ke pinggiran.

Beberapa pemandangan umum di atas, tidak akan dapat kamu temukan di pantai Gunung Kidul yang  satu ini, ialah Pantai Kesirat. Meskipun memiliki gelar pantai, nyatanya, Pantai Kesirat hadir tanpa memiliki hamparan pasir di sepanjang kawasannya. Meskipun demikian, Pantai Kesirat tetap memiliki keunikan tersendiri dengan panorama yang ditawarkan.

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat – Sumber: travelingyuk.com

Pantai Kesirat merupakan kawasan pantai yang berdiri di atas tebing karang. Saat memasuki musim penghujan, kamu dapat menyaksikan rumput yang tumbuh subur seperti sedang berada di savana. Sedangkan saat musim kemarau, kawasan Pantai Kesirat akan menjadi gersang dan menyisakan pohon dengan rantingnya saja.

Meskipun Pantai Kesirat berhadapan langsung dengan laut selatan, pengunjung tidak akan dapat menikmati bermain air seperti dikebanyakan pantai. Hal tersebut dikarenakan tebing dari Pantai Kesirat memiliki ketinggian yang lumayan, selain itu ombak pada Pantai ini juga sangat besar.

Namun, walaupun pengunjung tidak dapat melakukan kegiatan di atas, nyatanya, Pantai Kesirat hingga saat ini masih terus ramai dikunjungi wisatawan.

Saat memasuki kawasan pantai, kamu akan langsung disambut dengan adanya satu pohon berukuran besar yang juga merupakan ikon dari Pantai Kesirat. Beberapa orang mengatakan bahwa pohon tunggal tersebut merupakan pohon abadi.

Saat musim penghujan tiba, satu-satunya pohon besar yang ada di Pantai Kesirat tersebut akan berubah menjadi rindang dengan hadirnya daun-daun berwarna kehijauan. Sedangkan saat musim kemarau, daun-daun akan mulai berguguran, hingga akhirnya hanya terdapat pemandangan rantingnya saja.

Lokasi pohon yang berada tepat di pinggir tebing dan memiliki bentuk yang unik, membuat lokasi pohon ini menjadi salah satu spot paling favorit untuk berfoto di Pantai Kesirat.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Pantai Kesirat

1. Memancing 

Pantai Kesirat merupakan salah satu spot terbaik untuk memancing ikan dari atas tebing. Lokasi tebing yang luas, serta terdapat aneka ikan yang menunggu umpan di dasar tebing, membuat Pantai Kesirat menjadi favorit untuk kegiatan memancing.

Para pemancing biasanya akan mulai berdatangan ke kawasan pantai pada saat sore hari. Pada malam hari, kegiatan memancing menjadi lebih seru dengan semakin bertambahnya jumlah pemancing yang ada. Kegiatan memancing biasanya akan berakhir saat pagi hari.

Jika kamu bermalam di Pantai Kesirat dan tidak memiliki kegiatan apapun untuk dilakukan, kamu bisa menghampiri tempat memancing untuk sekedar bercengkrama dengan pemancing yang ramah-ramah.

2. Camping

Pantai Kesirat merupakan salah satu pantai yang lebih direkomendasikan untuk dinikmati dengan cara berkemah. Terdapat camping ground yang cukup luas, yaitu di sekitar kawasan pohon abadi dan di bagian atas.

Waktu yang tepat untuk datang ke Pantai Kesirat adalah saat sore hari sebelum senja terbenam. Pemandangan Pantai Kesirat saat sore hari dapat dikatakan sebagai pemandangan terbaik dibandingkan dengan waktu lainnya.

Saat malam hari tiba, kamu dapat bersantai di depan tenda sambil melakukan aktivitas seru bersama teman-teman, seperti bernyanyi di depan api unggun, pesta barbeque, atau sekedar menikmati hembusan angin laut malam.

Jika kamu ingin melakukan camping di Pantai Kesirat, pastikan kamu untuk membawa keperluan logistik yang cukup ya. Karena di Pantai Kesirat hanya terdapat satu warung dengan jarak cukup jauh, dan hanya menjual makanan ringan tertentu.

3. Menyaksikan Sunset

Mayoritas pengunjung yang datang ke Pantai Kesirat memiliki tujuan utama, yaitu untuk menghabiskan waktu untuk menyaksikan tenggelamnya matahari, karena memang Pantai Kesirat merupakan tempat yang pas untuk melihat sunset.

Salah satu spot paling menarik untuk melihat dan mengabadikan momen sunset, yaitu di kawasan pohon abadi. Saat mentari sudah tidak begitu terik dan berubah menjadi berwarna kuning keemasan akan terlihat dengan jelas saat cuaca sedang cerah.

Selain di kawasan pohon abadi, kamu juga dapat beranjak sedikit ke atas. Terdapat pohon laut yang tumbuh di pinggir tebing dengan pemandangan yang tidak kalah bagus. Untuk hasil foto yang maksimal, kamu dapat mengambil gambar dari arah bukit dengan latar belakang langit yang berwarna kekuningan.

4. Menyaksikan Milky Way

Agar dapat menikmati indahnya langit malam, kamu bisa datang saat cuaca sedang cerah. Jika kamu beruntung, kamu bisa tidur dengan beratapkan pemandangan jutaan bintang di langit. Pantai Kesirat juga merupakan spot yang bagus bagi kamu pecinta fotografi. Kamu bisa mengambil gambar bima sakti atau milky way dengan jelas di pantai ini.

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Kesirat

Pantai Kesirat berlokasikan di Desa Wiloso, Keluruhan Girikarto, Panggang, Gunung Kidul. Estimasi waktu perjalanan dari Malioboro Jogja, dibutuhkan waktu kira-kira 1,5 jam perjalanan.

Akses jalan menuju ke Pantai Kesirat sudah sangat baik. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Kesirat telah diaspal dengan mulus. Hanya saja, jika ingin berangkat menggunakan kendaraan roda 4, sebaiknya memilih armada berukuran kecil.

Saat memasuki jalan menuju ke Pantai Kesirat, lebar jalan akan menyempit, sehingga jika terdapat kendaraan mobil lainnya, maka salah satu pengemudi harus mengalah menyari lahan kosong agar dapat saling melewati jalan.

Harga Tiket

Dengan menawarkan pemandangan yang begitu indahnya, pengelola Pantai Kesirat tidak langsung semena-mena menaikkan harga tiket masuk. Untuk dapat menikmati seluruh pesonanya, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang. Untuk tiket parkir kendaraan bermotor, yaitu Rp. 3.000, sedangkan kendaraan mobil, yaitu Rp. 5.000.

Galeri Foto

Sunset Pantai Kesirat

Sunset Pantai Kesirat – Sumber: fajarshaprol.blogspot.com

Pre Wedding Pantai Kesirat

Pre Wedding Pantai Kesirat – Sumber: @doveslovestory

Spot Foto Pantai Kesirat

Spot Foto Pantai Kesirat – Sumber: @joeluluk

Foto Pantai Kesirat

Foto Pantai Kesirat – Sumber: @bowo_93

Camping di Pantai Kesirat

Camping di Pantai Kesirat

Foto Instagramable Pantai Kesirat

Foto Instagramable Pantai Kesirat

Camping Ground Pantai Kesirat

Camping Ground Pantai Kesirat

Tinggalkan Komentar