Pantai Nglambor: Tempat Snorkeling Untuk Pemula di Jogja

Salah satu karakteristik dari Pantai Gunung Kidul yang paling terkenal adalah memiliki gelombang ombak yang cukup besar, salah satunya seperti yang ada di PantaiĀ  Indrayanti.

Hal tersebut membuat beberapa wisatawan lokal hingga mancanegara kerap memilih pantai yang ada di pesisir selatan kota Jogja sebagai tempat untuk berselancar.

Akan tetapi, tidak semua pantai di gunung kidul memiliki ombak yang besar, adapula yang memiliki arus cukup tenang, sehingga terbilang aman apabila ingin bermain air di sepanjang bibir pantai.

Salah satu pantai di gunung kidul yang memiliki karakteristik gelombang yang cukup tenang, yaitu Pantai Nglambor.

Lokasi pantai yang diapit oleh adanya tebing karang berukuran besar, menjadikan Pantai Nglambor memiliki gelombang yang lebih tenang dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya.

Keindahan biota bawah laut dari Pantai Nglambor sukses menjadikannya sebagai salah satu pantai yang paling diminati di Kota Pelajar. Memiliki gelombang air yang tenang dan ditambah dengan keindahan pemandangan bawah air, membuat pantai nglambor cocok digunakan sebagai spot snorkeling di Jogja.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Sejarah Pantai Nglambor

Sebelum memiliki nama terkenal dan ramai dikunjungi seperti saat ini, Pantai Nglambor dulunya merupakan pantai yang sepi pengunjung.

Hal tersebut dikarenakan akses jalan menuju lokasi dari Pantai Nglambor masih sulit dijangkau untuk beberapa kendaraan. Tidak hanya itu, luas yang dimiliki oleh Pantai Nglambor juga tergolong kecil dibandingkan dengan beberapa pantai terkenal lainnya.

Hal tersebut menyebabkan pengelola setempat harus menemukan keunikan yang dapat ditawarkan dari Pantai Nglambor kepada wisatawan agar ingin berkunjung ke Pantai ini.

Akhirnya, pengelola setempat menyadari bahwa Pantai Nglambor memiliki pesona yang tidak dimiliki mayoritas pantai selatan Jogja lainnya, yaitu keindahan bawah lautnya dengan arus yang tenang.

Keberadaan bukit yang menyerupai bentuk kura-kura di Pantai Nglambor menghadirkan keuntungan tersendiri. Dengan adanya bukit karang tersebut, ombak laut yang menuju ke bibir Pantai Nglambor menjadi terpecah dan lebih tenang saat sampai di sekitar bibir pantai.

Kawasan dari Pantai Nglambor memiliki bentuk perairan relatif cekung dengan kedalaman yang masih aman untuk digunakan snorkeling pemula.

Biota laut di Pantai Nglambor juga tumbuh dengan indah dan dapat dilihat dengan jelas, karena air yang ada di Pantai Nglambor sangat jernih.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Pantai Nglambor memiliki bibir pantai yang tidak terlalu luas. Kebanyakan wisatawan yang datang ke lokasi pantai biasanya memang bertujuan untuk melakukan snorkeling.

Beberapa aktivitas outdoor di pantai, seperti voli, kurang cocok untuk dimainkan di lokasi Pantai Nglambor. Namun, jika kamu malas untuk melakukan snorkeling, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya, seperti mencari kelomang sambil menyusuri bibir pantai.

Harga Tiket Masuk

KETERANGAN TARIF
Tiket Masuk Rp. 5.000
Parkir Motor Rp. 3.000
Ojek Motor Rp. 5.000
Snorkeling Rp. 50.000

Lokasi dan Rute Perjalanan

Berbeda dengan beberapa tahun lalu, kini akses menuju ke Pantai Nglambor sudah terbilang mudah. Jalanan beraspal dengan luas jalan yang cukup lebar membuatnya dapat ditempuh dengan beragam jenis kendaraan. Hanya saja dari lokasi parkiran kendaraan, pengunjung harus berjalanan kaki atau menyewa jasa ojek sejauh beberapa ratus meter sebelum akhirnya tiba di area pantai.

Pantai Nglambor beralamatkan di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dari arah Malioboro dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam, tergantung dengan kecepatan kendaraan dan keadaan lalu lintas.

Dari arah Malioboro, kamu bisa langsung melaju ke arah Jalan Wonosari dan melewati tempat wisata lainnya, seperti Bukit Bintang dan Watu Amben. Jalan terus menuju ke arah Pemda Wonosari, kemudian dilanjut menuju Tepus. Dari Tepus, kemudian terakhir menuju ke Desa Purwodadi, dari sini kamu bisa mengikuti papan petunjuk menuju ke Pantai Nglambor.

Galeri Foto Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor – Sumber: @pantai_nglambor

Jika ingin datang ke Pantai Nglambor, kamu dapat menghubungi pengelola setempat terlebih dahulu untuk memastikan kondisi air laut. Jangan sampai setelah tiba di lokasi, ternyata air sedang dalam posisi surut.

Snorkeling Pantai Nglambor

Snorkeling Pantai Nglambor – Sumber: @pantai_nglambor

Hanya dengan membayar Rp. 50.000 untuk biaya menyewa peralatan snorkeling, kamu sudah dapat menikmati momen berenang bersama ikan warna-warni. Yakin, tidak mau kesini?

Wisata Pantai Nglambor

Wisata Pantai Nglambor – Sumber: @pantai_nglambor

Berkunjung ke Pantai Nglambor lebih seru jika bersama teman-teman. Kamu dapat berfoto unik dengan berpose membentuk lingkaran, saling bergandengan tangan, dan mengambang di atas air laut.

Bermain di Pantai Nglambor

Bermain di Pantai Nglambor – Sumber: @pantai_nglambor

Jika kamu datang disaat posisi air sedang pasang, kamu dapat bermain air seseru foto teman-teman di atas.

Bersantai di Pantai Nglambor

Bersantai di Pantai Nglambor – Sumber: @pantai_nglambor

Setelah puas melakukan snorkeling, kamu dapat berteduh di bawah pepohonan sambil menikmati secangkir minuman dingin. Suasana bersantai akan semakin nikmat saat sore hari, dimana matahari tidak begitu terik.

Berjemur di Pantai Nglambor

Berjemur di Pantai Nglambor – Sumber: @pantai_nglambor

Saat memasuki musim panas, Pantai Nglambor sering dikunjungi turis asing. Tidak hanya sebagai tujuan snorkeling, tapi beberapa turis asing juga asik menghabiskan waktu untuk berjemur di Pantai Nglambor.

Spot Foto Pantai Nglambor

Spot Foto Pantai Nglambor – Sumber: @pantai_nglambor

Selain menawarkan pemandangan bawah laut, Pantai Nglambor juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya dari atas bukit yang berada di sisi pantai.

Tinggalkan Komentar