Pantai Timang: Wisata Ekstrim yang Akan Menguji Adrenalinmu

Wisata pantai merupakan salah satu daya tarik paling kuat bagi wisatawan untuk berkunjung ke Jogja. Pilihan pantai yang beragam, membuat wisatawan dapat dengan bebas memilih pantai mana yang akan dikunjungi. Masing-masing pantai juga memiliki keunikan masing-masing.

Salah satu pantai yang memiliki keunikan tersebut adalah Pantai Timang. Saat berkunjung ke Pantai Timang, sebaiknya kamu jangan membayangkan pengalaman seperti kebanyakan pantai yang ada di Gunungkidul.

Wahana Pantai Timang

Wahana Pantai Timang – Sumber:┬áhabismanis.com

Pantai Timang justru akan memberikan pengalaman seru untuk seluruh wisatawan yang berkunjung. Di Pantai Timang, kamu akan diajak untuk menuju ke Pulau Timang yang terpisahkan oleh laut selatan sekitar beberapa ratus meter.

Pulau Timang merupakan pulau kecil yang bisa ditemukan di kawasan pantai ini dan tidak memiliki penghuni. Pada waktu tertentu, biasanya Pulau Timang digunakan para warga untuk melakukan kegiatan memancing ikan atau lobster. Selain itu, Pemandangan yang terdapat di Pulau Timang juga cukup indah.

Untuk dapat menuju ke pulau tersebut, kamu dapat menggunakan jembatan atau gondola yang tersedia. Selama proses penyebrangan, adrenalin kamu akan dibuat meningkat.

Jika kamu terpikirkan akan menyebrang melalui jembatan yang kokoh, seperti beton, hilangkan pikiran tersebut. Kenyataannya, kamu akan melewati jembatan buatan yang akan bergoyang ketika ada hembusan angin datang.

Selama menyebrangi jembatan sejauh 120 meter dengan ketinggian 12 meter, tepat di atas permukaan laut, sesekali kamu dapat dibuat basah kuyup terkena tepisan air laut yang menghantam batu karang.

Jembatan yang saat ini ada di Pantai Timang, telah dibuka untuk pengunjung sejak tahun 2017 lalu. Jembatan dibangun berdasarkan inisiatif warga untuk dapat membantu penyebrangan. Kabarnya, untuk dapat membangun jembatan tersebut, pengelola setempat harus merogoh kocek hingga Rp. 50 juta rupiah.

Sebelum menaiki jembatan atau gondola, ada baiknya kamu untuk menguatkan tekat terlebih dahulu. Jangan sampai sudah berada di tengah, kemudian harus kembali lagi karena merasa takut. Selain itu, kamu juga harus menyebrang seorang diri tanpa ditemani oleh pemandu.

Meskipun harus membuat jantung deg-degan, nyatanya kini wisata Pantai Timang telah menjadi salah satu pantai yang paling diminati di Gunung Kidul. Nama Pantai Timang bahkan telah mencapai ke luar negeri.

Pada bulan Oktober tahun 2017 kemarin, salah satu variety show dari televisi Jepang, Running Man, sempat melakukan proses shooting di Pantai Timang. Hal tersebut secara tidak langsung juga ikut mempromosikan wisata pantai ini dan membuatnya menjadi lebih ramai.

Lokasi Pantai Timang

Pantai Timang berlokasikan di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dari Malioboro Jogja akan membutuhkan waktu sekitar dua setengah jam perjalanan. Tidak jauh dari Pantai Timang, kamu juga dapat menemukan beberapa pantai lainnya, seperti Pantai Nglambor, Pantai Siung, Pantai Jogan, dan beberapa pantai lainnya.

Akses Jalan Menuju Pantai Timang

Untuk menempuh perjalanan ke Pantai Timang, kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, seperti Sepeda Motor. Jalanan menuju Pantai Timang akan didominasi dengan bebatuan dan memiliki lebar jalan yang sempit, sehingga tidak semua mobil dapat melaluinya.

Jika kamu tetap membawa kendaraan pribadi berukuran besar, sekitar 3 km sebelum kawasan pantai, kamu harus berganti menggunakan jasa transportasi yang tersedia, seperti ojek atau mobil jeep.

Harga Tiket Pantai Timang

KETERANGAN TARIF
Tiket Masuk Rp. 15.000
Sewa Ojek Rp. 70.000
Sewa Jeep Rp. 350.000
Tiket Gondola Rp. 150.000
Tiket Jembatan Rp. 100.000
Spot Foto Alternatif Rp. 30.000

Galeri Foto Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai Timang – Sumber: Indra Susandi

Kalau sudah berkunjung ke Pantai Timang, jangan lupa buat nyobain Gondola-nya. Belum pernah ngerasain bergelantungan di atas laut, kan?

Jembatan Pantai Timang

Jembatan Pantai Timang – Sumber: amirulhaniff_

Meskipun biaya untuk melewati jembatan ini tergolong mahal, namun tentunya sesuai dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan.

Spot Pantai Timang

Spot Pantai Timang – Sumber: @firlyrosihani

Nah, kalau sudah terlanjur berada di tengah-tengah jembatan, meskipun kaki masih gemetaran, kamu tetap harus berjalan melawan adrenalin kamu.

Ombak Pantai Timang

Ombak Pantai Timang

Kalau ombak di Pantai Selatan sedang besar, pastikan kamu membawa baju ganti, ya! Karena dijamin kamu akan basah kuyup saat menyebrangi jembatan atau gondola.

Spot Foto Pantai Timang

Spot Foto Pantai Timang – Sumber: @pearlpearlypearl

Kalau memang belum berani melewati jembatan atau gondola Pantai Timang, kamu masih bisa nyobain spot foto lainnya.

Foto Pantai Timang

Foto Pantai Timang – Sumber: @onedeelee

Tiket berfoto yang lebih murah tidak lantas membuat tempat ini kurang menarik. Nyatanya tetap instagramable, bukan?

Tinggalkan Komentar