5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Wisata ke Jogja

Bagi seseorang yang telah memiliki tanggung jawab, seperti bekerja, umumnya hanya memiliki waktu liburan yang sangat terbatas, seperti di waktu akhir pekan. Agar bisa mendapatkan pengalaman paling maksimal saat berkunjung ke suatu tempat, tentu dibutuhkan adanya perencanaan yang matang sebelum berangkat menuju lokasi.

Perencanaan sebelum berwisata merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan adanya perencanaan yang baik, kamu bisa mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dengan lebih matang. Berikut ini telah kami rangkum 5 hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum berkunjung ke Jogja.

1. Menentukan Besar Anggaran Wisata

Ilustrasi Anggaran Liburan

Ilustrasi Anggaran Liburan – Sumber : sociolla.com

Dalam suatu perjalanan, anggaran merupakan salah satu hal paling penting yang wajib dipersiapkan. Pertama-tama, kamu dapat menentukan anggaran total selama perjalanan berlangsung. Dari total anggaran tersebut, kemudian dapat kamu rincikan alokasi penggunaannya.

Dari perincian anggaran tersebut, kamu jadi dapat memperkirakan banyak hal, seperti jenis perjalanan apa yang akan kamu lakukan, apakah dengan cara backpacker atau melakukan traveling yang nyaman, berapa lama kamu akan berwisata, atau destinasi wisata mana saja yang akan kamu kunjungi.

Nah, setelah selesai mempersiapkan anggaran untuk perjalanan wisata, sekarang kita berlanjut ke poin kedua.

2. Memilih Jenis Transportasi Untuk Menuju ke Jogja

Stasiun Tugu

Stasiun Tugu – Sumber: kemdikbud.go.id

Jenis transportasi yang akan digunakan, akan sangat bergantung pada anggaran yang kamu miliki. Untuk dapat menuju ke Jogja, terdapat banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan, mulai dari Pesawat Terbang, Kereta Api, Bus, Travel, atau menggunakan kendaraan pribadi.

Jika lokasi asal kamu berada di luar pulau jawa, maka otomatis hanya terdapat dua pilihan, yaitu menggunakan Pesawat atau Kapal Laut. Pemilihan transportasi akan sangat bergantung pada anggaran dan waktu liburan kamu.

Apabila kamu memiliki waktu liburan yang panjang, tidak ada salahnya untuk menggunakan Kapal Laut, karena harga tiketnya cenderung lebih murah. Namun, pada waktu tertentu, harga tiket Pesawat justru lebih murah dari Kapal Laut. Agar anggaran yang dikeluarkan dapat ditekan, kamu dapat mencari tiket promo pesawat atau kapal laut sebelum keberangkatan.

Bagi yang berasal dari pulau jawa, namun berbeda provinsi dari Jogja, kamu bisa menggunakan kereta api, travel, bus, atau kendaraan pribadi. Jika kamu memiliki anggaran yang tidak terlalu mepet, kamu bisa menggunakan Kereta Api agar lebih nyaman. Sebagai gambaran, harga tiket kereta api saat ini dari Ibu Kota menuju Jogja, untuk kelas eksekutif berkisar Rp. 350.000, sedangkan bisnis Rp. 250.000.

Selanjutnya, ada pilihan bus dan travel dengan harga di bawah tiket Kereta Api. Untuk tiket bus dan travel dari Jakarta berkisar Rp. 100.000 – Rp. 300.000. Terakhir, kamu bisa berangkat menggunakan kendaraan pribadi. Namun, sangat tidak direkomendasikan untuk perjalanan jauh, karena kamu akan mengalami kelelahan terlebih dahulu sebelum sampai di tempat wisata.

Jika kamu sudah mengetahui pasti kapan hari keberangkatan dan kepulangan dari tempat wisata, kamu bisa langsung melakukan booking tiket transportasi untuk berangkat dan pulang, agar lebih mudah.

3. Menentukan Destinasi Mana Saja yang Akan Dikunjungi

Foto Hits Air Terjun Sri Gethuk

Foto Hits Air Terjun Sri Gethuk – Sumber: wp.com

Seperti yang telah diketahui, Jogja memiliki sangat banyak destinasi wisata yang terbuka untuk umum. Agar waktu perjalanan dapat lebih efektif, kamu dapat menyusun rencana tujuan selama wisata berlangsung.

Sebelum menentukan tujuan, kamu harus dapat mempertimbangan beberapa hal, seperti akses jalan yang dapat dilalui kendaraan, harga tiket masuk wisata, jarak tempuh, dan terakhir yang tak kalah penting, yaitu cuaca. Dengan adanya pertimbangan empat hal tersebut, perjalanan wisata kamu dapat lebih efektif dan menyenangkan.

Sebagai referensi, berikut ini telah kami kumpulkan beberapa wisata Jogja yang sedang hits berdasarkan kategorinya.

4. Menentukan Penginapan Selama di Jogja

Penginapan di Jogja

Penginapan di Jogja – Sumber: pegipegi.com

Saat ini Jogja telah memiliki hotel yang sangat banyak, terutama di pusat kota. Harga yang ditawarkan untuk hitungan permalam juga beragam, mulai dari Rp. 100.000 sampai dengan jutaan rupiah. Meskipun demikian, saat liburan panjang tiba, hampir seluruh hotel di Jogja selalu penuh dibooking wisatawan.

Nah, jika kamu berencana berlibur saat masa liburan panjang, ada baiknya kamu mempersiapkan penginapan dari jauh-jauh hari. Sebelum melakukan reservasi, ada baiknya kamu tetap memperhatikan anggaran yang telah ditentukan.

Kemudian, perhatikan juga lokasi penginapan dengan jarak tujuan wisata yang telah ditentukan. Pilihlah penginapan dengan lokasi yang berjarak tidak terlalu jauh atau berada di titik tengah dari beberapa tujuan wisata.

Jika kamu memiliki teman atau keluarga yang berada di Jogja, tentunya merupakan suatu keuntungan. Kamu dapat meminta izin untuk bermalam di rumah teman atau saudara selama beberapa hari saat kamu liburan. Jika diperbolehkan, tentunya ini akan sangat menekan biaya traveling kamu.

5. Menentukan Kendaraan yang Digunakan Selama di Jogja

Trans Jogja

Trans Jogja – Sumber: travelingyuk.com

Saat ini Jogja telah memiliki transportasi umum yang dapat digunakan untuk mencapai tempat-tempat wisata tertentu, seperti Malioboro, Taman Pintar, Monumen Jogja Kembali, Candi Prambanan, dan beberapa titik lainnya. Transportasi tersebut ialah Bus Trans Jogja. Tarif yang dikenakan Trans Jogja, yaitu Rp. 3.500 untuk seluruh titik yang dilewati, tidak berdasarkan jarak.

Meskipun transportasi publik tersebut sudah cukup nyaman, namun sayangnya belum dapat mengakses seluruh lokasi wisata. Sebagai alternatif, jika tempat wisata tidak terlalu jauh dari penginapan, kamu bisa menggunakan jasa transportasi online. Namun, pada beberapa lokasi, ada yang tidak memperbolehkan ojek online untuk mengambil penumpang.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menyewa kendaraan motor atau mobil di rental atau persewaan yang dapat kamu temukan, biasanya berada di dekat kampus atau tempat wisata.

Sebagai gambaran, tariff rata-rata untuk rental motor di Jogja berkisar Rp. 60.000 – Rp. 70.000. Tarif tersebut sudah termasuk fasilitas 2 helm, 2 masker, dan jas hujan. Pada persewaan tertentu juga menyediakan layanan antar jemput motor.

Sedangkan untuk rental mobil di Jogja, memiliki kisaran harga sewa rata-rata Rp. 500.000 / 12 jam, sesuai dengan jenis mobil yang disewa dan sudah termasuk biaya BBM, serta driver.

Untuk syarat penyewaan, biasanya untuk rental motor dibutuhkan adanya tiga kartu identitas sebagai bukti peminjaman. Sedangkan untuk syarat sewa mobil di Jogja, memiliki syarat yang lebih banyak.

Agar anggaran yang dikeluarkan untuk rental kendaraan tidak terlalu banyak, kamu dapat mengkombinasikan dua jenis kendaraan sesuai dengan tujuan wisata. Contohnya jika kamu hanya akan berangkat ke pusat kota dengan jarak yang tidak terlalu jauh, kamu bisa menyewa motor. Sedangkan apabila tujuan dirasa cukup jauh, seperti ke Gunung Kidul, kamu bisa menyewa mobil agar lebih nyaman.

Tinggalkan Komentar