Keseruan Belajar dan Bermain di Wahana Sindu Kusuma Edupark

Liburan ke Jogja merupakan langkah tepat bagi siapa saja yang ingin menghabiskan waktu liburnya. Ada banyak kategori tempat wisata yang dapat kamu kunjungi dalam waktu seminggu. Mulai dari wisata alam, wisata candi, wisata kuliner, hingga wisata edukasi. Sindu Kusuma Edupark ialah salah satu tempat wisata yang sedang diminati wisatawan.

Seperti yang tercantum pada namanya, Sindu Kusuma Edupark atau disebut juga dengan SKE merupakan tempat wisata yang mengusung tema edukasi. Sehingga tempat wisata di Jogja ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tujuan rekreasi bersama keluarga.

Pada beberapa tahun lalu, tepatnya tanggal 20 Desember 2014, Sindu Kusuma Edupark resmi dibuka untuk umum. Meskipun tergolong sebagai tempat wisata baru, Sindu Kusuma Edupark langsung berhasil menyita perhatian 1.700 wisatawan yang hadir pada soft openingnya.

Sindu Kusuma Edupark Malam Hari

Sindu Kusuma Edupark Malam Hari – Sumber: @skedupark

Sebagai tempat wisata keluarga, Sindu Kusuma Edupark tentunya telah menyediakan beragam pilihan wahana yang dapat dimainkan. Salah satu wahana yang paling terkenal atau bahkan telah menjadi ikon dari Sindu Kusuma Edupark, ialah Kincir Ria atau Ferris Wheel berukuran besar yang diberi nama Cakra Manggilingan.

Untuk dapat memainkan wahana yang terdapat di sini, kamu harus membayar sesuai tariff yang berlaku untuk tiap wahananya. Agar pembayaran lebih mudah, kamu bisa melakukan deposit pada kartu debit wisata sesuai dengan total harga tiket masuk dan tiket wahana yang akan kamu mainkan.

Minimal deposit untuk kartu debit wisata adalah Rp. 50.000, dengan rincian Rp. 15.000 akan digunakan sebagai tanda masuk, sedangkan sisnya dapat kamu gunakan untuk bermain di wahana apa saja. Nah, jika pada akhirnya masih tersisa deposit pada kartu, kamu dapat melakukan penarikan uang sesuai dengan jumlah saldo yang ada.

Lokasi dan Akses Jalan

Sindu Kusuma Edupark berlokasikan di JL. Magelang KM 2, Mlati, Kabupaten Sleman. Akses jalan menuju ke tempat wisata ini sudah sangat baik, karena memang lokasinya berada tidak jauh dari pusat Kota Jogja.

Wahana

Cakra Manggilingan

Cakra Manggilingan

Cakra Manggilingan – Sumber: @andella_12

Nah, kalau wahana yang satu ini, mungkin kamu sudah sering melihatnya sebagai ikon dari SKE. Adalah Cakra Manggilingan atau disebut juga dengan nama Biang Lala. Terdapat 28 kabin yang dapat digunakan dalam satu waktu dan 1 kabin dapat menampung 1 orang dewasa.

Jika cuaca sedang cerah, kamu juga dapat menikmati keindahan Kota Jogja dan Gunung Merapi yang tampak gagah dari ketinggian 48 meter.

Pit Egrang

Pit Egrang

Pit Egrang – Sumber: ferdinantchrist.blogspot.com

Saat mendengar nama Pit Egrang, mungkin sebagian dari kamu akan langsung membayangkan sepeda dari bambu. Namun, ternyata Pit Egrang merupakan wahana kendaraan yang dapat digunakan satu orang dan diimpor langsung dari Amerika.

Kendaraan tersebut mungkin lebih dikenal dengan nama Segway. Tenang saja, meskipun kamu belum pernah mencobanya, kamu akan dilatih terlebih dahulu oleh tim SKE sebelum siap mengendarainya. Jangan lupa untuk menggunakan helm dan pelindung lutut agar tetap aman.

Montor Tumbur

Bumper Car

Bumper Car – Sumber: youtube.com

Montor Tumbur atau jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti motor tabrakan merupakan wahana mobil-mobilan. Pada wahana seluas 250 m ini, kamu dapat melakukan kejar-kejaran bersama keluarga menggunakan mobil sambil sesekali menabrak mobil lawan.

Panggon Lunjak

Panggon Lunjak

Panggon Lunjak – Sumber: tempatasik.com

Kalau wahana yang satu ini akan membuat jantung kamu lebih deg-degan. Panggon Lunjak merupakan wahana trampolin dengan 4 mat yang cocok bagi kamu yang senang melompat-lompat. Selama permainan berlangsung, kamu akan dibantu oleh Tim SKE agar permainan lebih seru.

Kursi Mabur

Kursi Mabur

Kursi Mabur – Sumber: kusuma-edupark.com

Kursi Mabur atau Kursi Terbang adalah wahana yang akan mengajak kamu berayun, mulai dari ketinggian 1,2 meter hingga mencapai ketinggian 4 meter.

Sepur Kluthuk

Sepur Kluthuk

Sepur Kluthuk – Sumber: blogspot.com

Jika tidak ingin kelelahan berjalan kaki mengelilingi kawasan Sindu Kusuma Edupark dengan luas 7 hektar, kamu bisa menaiki wahana Sepur Klutuhuk. Sepur Kluthuk merupakan wahana kereta yang akan membawa kamu berkeliling selama kurang lebih 10 menit.

Sepeda Mabur

Sepeda Mabur

Sepeda Mabur – Sumber: @annsnrl.h

Setelah sebelumnya ada wahana Kursi Mabur, sekarang ada Sepeda Mabur. Sepeda yang digunakan pada wahana ini merupakan sepeda khusus yang beroperasi menggunakan rel dengan jarak 100 meter dan ketinggian 3 meter.

Komidi Puter

Komidi Putar

Komidi Putar – Sumber: @skedupark

Komedi Puter merupakan wahana yang sudah tidak asing lagi di tempat wisata keluarga. Terdapat beberapa pilihan kuda dan kereta kencana yang dapat dinaiki oleh anak-anak.

Roti Puter

Roti Puter

Roti Puter – Sumber: @skedupark

Roti Puter bukanlah jenis kue yang dijual di SKE dan dapat kamu makan. Roti Puter adalah wahana bermain dengan bentuk cangkir menyerupai cupcakes yang dapat berputar secara otomatis. Jika putaran dari cangkir terasa terlalu cepat dan membuat pusing, kamu dapat menghentikannya dengan menggunakan tombol yang tersedia.

Sepur Cilik

Sepur Cilik

Sepur Cilik – Sumber: kusuma-edupark.com

Jika sebelumnya ada Sepur Kluthuk, sekarang ada Sepur Cilik. Perbedaan dari Sepur Cilik dan Sepur Kluthuk adalah Sepur Cilik hanya dapat dinikmati oleh anak-anak dengan tinggi badan maksimal 120 cm dan hanya akan mengajak berputar pada kawasan Plasa Winongo.

Dino Park

Dino Park

Dino Park – Sumber: lifemanwalking.wordpress.com

Dino Park merupakan wahana yang ramah untuk keluarga. Sambil mengelilingi Dino Park, kamu juga dapat singgah ke cafeteria yang terdapat di dalam.

Cinema 8d

Jika sudah datang ke Sindu Kusuma Edupark, jangan lupa untuk mencoba menonton di Cinema 8D. Berbeda dengan menonton di Bioskop biasa, di Cinema 8D, pengunjung akan dibuat merasakan sensasi lebih nyata selama menonton.

House Of Terror (HOT)

House of Terror

House of Terror – Sumber: tempatasik.com

Jika dari sekian banyak wahana sebelumnya lebih menawarkan pengalaman seru selama bermain, House of Terror menawarkan pengalaman berbeda. Selama berada di House of Terror, kamu akan diajak berkeliling menggunakan kereta dan akan dibuat merinding dengan sensasi berada di dunia lain.

Cleret Gandul

Cleret Gandul

Cleret Gandul – Sumber: blogspot.com

Untuk menguji keberanian anak, pengunjung dapat mencoba wahana flying fox atau Cleret Gandul dengan ketinggian 13 meter. Untuk masalah keamanan, tenang saja. Alat yang digunakan untuk melintasi jarak 80 meter telah dipastikan aman untuk digunakan.

Mobil Kuno

Sambil berwisata, kamu juga dapat mencoba untuk mengendarai mobil lawas yang menggunakan daya listrik untuk dapat berjalan.

Hous of Batik

House of Batik

House of Batik – Sumber: @skedupark

Sebagai orang Indonesia, mengenal budaya leluhur merupakan suatu hal yang penting. Salah satunya adalah Batik. Pada wahana House of Batik, pengunjung dapat mengenal jenis-jenis batik asli Indonesia secara lengkap.

Selain 16 wahana di atas, Sindu Kusuma Edupark juga telah menambahkan beberapa wahana menarik lainnya, seperti Light Festival Spektakuler SKE, Perosotan Suket, Candi Mini dan masih banyak lagi.

Jam Buka

HARI JAM BUKA
Senin-Minggu 09.30-23.00

Harga Tiket

Harga tiket di Sindu Kusuma Edupark dikategorikan berdasarkan tinggi badan pengunjung. Untuk tinggi badan 0-85 cm gratis tiket masuk, 85-120 cm dikenakan tiket anak-anak, dan 120 cm ke atas dikenakan tiket dewasa.

Jenis Fasilitas Tarif
Entrance 1. Tanda Masuk
2. Wahana Sepuasnya:
– Mini Waterpark
Rp. 15.000
Entrance Plus 1. Tanda Masuk
2. Wahana Sepuasnya:
– Mini Waterpark
3. Wahana 1x:
– Light Festival
– Big Train
– Flying Chair
Rp. 45.000
Terusan Anak 1. Tanda Masuk
2. Wahana Sepuasnya:
– Mini Waterpark
– Ferris Wheel
– Rotary Cupcakes
– Rotary Cup
– Carousel
– Flying Fox
– Grasside
3. Wahana 1x:
– Cinema 8D
– 4D Ridder
– Trampolin
Rp. 50.000
Terusan Anak Plus 1. Tanda Masuk
2. Wahana Sepuasnya:
– Mini Waterpark
– Ferris Wheel
– Rotary Cupcakes
– Rotary Cup
– Carousel
– Flying Fox
– Grasside
3. Wahana 1x:
– Cinema 8D
– 4D Ridder
– Trampolin

– Light Festival
– Big Train

Rp. 80.000
Terusan Dewasa 1. Tanda Masuk
2. Wahana Sepuasnya:
– Mini Waterpark
– Ferris Wheel
– Rotary Cupcakes
– Rotary Cup
– Carousel
– Flying Fox
– Grasside
– Bumper Car
– Ufo Bicycle

Wahana 1x:
– Cinema 8D
– 4D Ridder
– House of Terror
– Trampolin

Rp. 70.000
Terusan Dewasa Plus 1. Tanda Masuk
2. Wahana Sepuasnya:
– Mini Waterpark
– Ferris Wheel
– Rotary Cupcakes
– Rotary Cup
– Carousel
– Flying Fox
– Grasside
– Bumper Car
– Ufo Bicycle

Wahana 1x:
– Cinema 8D
– 4D Ridder
– House of Terror
– Trampolin
– Light of Festival
– Big Train
– Flying Chair

Rp. 100.000

Tinggalkan Komentar