Review Tebing Breksi: Wisata Murah dengan Panorama Mewah

Tebing Breksi adalah satu tempat wisata alam dan outdoor yang berada di Sleman, Yogyakarta dan masih tergolong sebagai tempat wisata baru. Meskipun demikian, Tebing Breksi nyatanya dengan cepat mampu menjadi salah satu tempat wisata yang paling populer di Sleman.

Lantas, apa sih yang menarik dari Tebing Breksi sehingga membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung?

Sejarah Tebing Breksi

Tebing Breksi Dulu

Tebing Breksi Dulu – Sumber: dubiduuu.blogspot.com

Beberapa tahun yang lalu, sebelum terbentuk menjadi tempat wisata Taman Tebing Breksi, tempat ini merupakan kawasan pertambangan batu breksi yang digunakan oleh warga sekitar. Aktivitas menambang di lokasi tebing ini juga sekaligus menjadi mata pencaharian utama untuk sebagian warga.

Saat masih difungsikan sebagai kawasan pertambangan, beberapa peneliti geologis melakukan sebuah riset terhadap bebatuan yang terdapat di lokasi tersebut. Hasil dari riset mengungkapkan bahwa bebatuan yang berada di lokasi pertambangan ini merupakan batu hasil dari endapan abu vulkanik dari jutaan hingga puluhan juta tahun yang lalu saat Gunung Api Purba Nglanggeran masih dalam status aktif.

Sejak saat itu, Tebing Breksi kemudian secara resmi ditetapkan menjadi salah satu cagar alam yang dilindungi di wilayah Yogyakarta dan telah ditandatangani oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Setelah adanya penandatanganan prasasti oleh Raja Jogja, otomatis seluruh kegiatan menambang harus dihentikan. Hal tersebut kemudian berdampak pada ekonomi masyarakat sekitar yang dulu menggantungkan nasibnya melalui kegiatan menambang, kini harus berhenti total. Mau tidak mau, warga harus menemukan pekerjaan baru sebagai gantinya.

Seiring berjalannya waktu, mulai ada wisatawan yang datang untuk melihat-lihat pesona dari tempat bekas pertambangan ini. Dari mulut ke mulut, nama Tebing Breksi mulai sering terdengar di masyarkat, khususnya untuk masyarakat di Yogyakarta. Meskipun telah mulai terdapat kunjungan dari wisatawan, saat itu Tebing Breksi belum terdapat fasilitas pendukung apapun.

Selang beberapa waktu, warga sekitar tebing breksi kemudian berinisiatif membentuk suatu kepengurusan untuk membantu mengelola Tebing Breksi menjadi tempat wisata yang lebih baik lagi. Setelah terbentuknya kepengurusan tersebut, mulai dibangun beberapa fasilitas pendukung untuk wisatawan yang berkunjung ke Tebing Breksi.

Saat ini Tebing Breksi telah bertransformasi menjadi sebuah tempat wisata yang paling populer di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Beragam fasiltias yang terdapat di tempat wisata ini juga sudah terbilang sangat lengkap.

Alamat dan Akses Jalan Tebing Breksi 

Tebing Breksi berlokasikan tidak jauh dari tempat wisata candi populer di Jogja, seperti Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, dan Canti Ijo. Kawasan Tebing Breksi berada tepat di Desa Groyokan, Sambirejo, Pramban, Sleman dan masih satu kawasan dengan wisata Candi Ijo.

Cara paling mudah untuk mencapai lokasi Tebing Breksi dari arah Kota Jogja, yaitu kamu dapat menuju ke arah Candi Prambanan, setelah lampu merah sebelum gapura selamat datang di Klaten, belok ke kanan menuju ke arah Candi Ratu Boko, setelah itu kamu cukup lurus dan mengikuti petunjuk arah ke Candi Ijo. Tebing Breksi berada kurang lebih 1 KM sebelum lokasi wisata Candi Ijo.

Akses jalan menuju Tebing Breksi saat ini sudah cukup bagus. Hanya saja jika membawa kendaraan seperti bus berukuran besar, harus lebih berhati-hati karena ukuran jalan tidak terlalu besar dan menanjak. Namun, tidak perlu khawatir, karena pengelola setempat akan mengatur lalu lintas kendaraan yang berlalu lalang, sehingga tidak akan terjadi kemacetan.

Daya Tarik Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan jenis wisata baru yang terdapat di Jogja. Sebelum adanya Tebing Breksi, tempat wisata yang lebih dominan dikunjungi wisatawan adalah wisata candi, pantai, dan gua.

Saat berkunjung ke lokasi wisata Tebing Breksi, kamu akan melihat corak tebing yang lebih dominan dengan warna hitam dan putih kekuningan. Tidak perlu khawatir kelelahan jika ingin mencapai puncak tebing, karena telah disediakan tangga bagi wisatawan.

Spot Foto di Tebing Breksi

Spot Foto di Tebing Breksi – Sumber: Instagram @dikaaprili

Setiap sudut yang terdapat di Tebing Breksi merupakan tempat yang sangat bagus untuk digunakan berfoto. Contohnya yaitu pada bagian tangga untuk menuju ke puncak tebing. Tangga yang memiliki lebar yang cukup luas, puluhan anak tangga, dan dibalut dengan warna putih batu kapur membuat lokasi ini sangat instagenik untuk berfoto.

Wayang Tebing Breksi

Wayang Tebing Breksi – Sumber: Instagram @zianlutfiana

Nuansa artistik di Tebing Breksi menjadi semakin terasa dengan adanya beberapa ukiran di pinggir tebing, seperti ukiran wayang yang berukuran cukup besar dan beberapa ukiran lainnya yang akan membawa kamu seakan sedang berada di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Kamu juga dapat berfoto dengan burung hantu yang ada di Tebing Breksi, biasanya berada di antara anak tangga saat menuju ke atas tebing.

Tidak hanya itu, Tebing Breksi merupakan salah satu tempat romantis yang berada di Jogja untuk menyaksikan keindahan sunrise dan sunset.

Pemandangan Sunrise dan Sunset di Tebing Breksi

Wisatawan yang datang ke Tebing Breksi tidak hanya dapat berfoto dengan tebing yang menjulang tinggi, namun kamu juga dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan Kota Jogja dari atas tebing.

Bila cuaca sedang cerah, kamu juga bisa berkesempatan untuk menyaksikan langsung beberapa Candi dari ketinggian seperti Candi Prambanan, Candi Sojiwan, dan Candi Barong. Selain itu, pesawat yang akan melakukan take off atau landing di Bandara Internasional Adi Sucipto akan terlihat sangat jelas dari sini. Merapi yang begitu gagah juga akan menambah keindahan landscape saat kamu berfoto.

Di kalangan wisatawan, Tebing Breksi juga dikenal sebagai salah satu tempat di Jogja yang asik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Untuk dapat menyaksikan hadirnya sunrise, kamu bisa datang ke Tebing Breksi jam 05:00 pagi. Tenang saja, kawasan wisata sudah terbuka jika wisatawan ingin melihat sunrise. Udara pagi yang masih segar ditambah dengan hangatnya sinar mentari dari timur akan membuat pagi kamu menjadi istimewa. Oh, iya, biasanya di pagi hari juga terdapat beberapa wisatawan yang datang dengan bersepeda.

Siang Hari di Tebing Breksi

Siang Hari di Tebing Breksi – Sumber: Instagram @alexa_jogja

Saat siang hari, suasana di Tebing Breksi akan berubah menjadi sangat terik. Sehingga kami tidak terlalu menyarankan kamu untuk berkunjung saat matahari sudah berada di atas kepala. Namun, jika tetap ingin berkunjung di siang hari, jangan lupa untuk menggunakan sunblock agar kulit kamu tidak terbakar.

Waktu terbaik lainnya untuk mengunjungi Tebing Breksi adalah di sore hari. Saat suasana sudah mulai teduh, kamu akan lebih nyaman untuk berjalan-jalan mengelilingi tebing breksi. Ketika matahari sudah akan mulai tenggelam, kamu langsung dapat menaiki puncak tebing untuk melihat sunset yang begitu indah.

Sunset Tebing Breksi

Sunset Tebing Breksi – Sumber: @end.wise

Di pagi hari, jumlah wisatawan yang datang ke Tebing Breksi tidak begitu ramai apabila dibandingkan saat sore hari. Apabila kamu ingin berkunjung ke Tebing Breksi untuk melihat sunset, kami sarankan kamu untuk datang bukan di hari libur, karena akan ada banyak sekali pengunjung yang datang.

Tebing Breksi di Malam Hari

Tebing Breksi

Tebing Breksi Malam Hari – Sumber: Instagram @fikry_ahmeed

Setelah asik menyaksikan terbenamnya matahari, jangan terburu-buru untuk pulang. Karena kamu masih dapat menyaksikan pemandangan indah lainnya di Tebing Breksi saat malam hari.

Tebing Breksi bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang lengkap. Mulai dari pemandangan yang ditawarkan hingga waktu kunjungan yang sangat panjang. Saat malam hari tiba, gemerlap dari Kota Jogja dapat terlihat sangat jelas. Tempat ini mungkin bisa dijadikan alternatif wisata malam lainnya seperti Bukit Bintang.

Sambil menikmati gemerlap Kota Jogja dan cahaya terang di sekitar tebing, kamu bisa duduk bersantai sambil memesan makan atau minum di beberapa kedai yang tersedia di lokasi Tebing Breksi.

Warung di Tebing Breksi

Warung di Tebing Breksi – Sumber: Instagram @fanfanphotograph

Fasilitas Tebing Breksi

  • Tempat parkir luas
  • Tempat ibadah
  • Jeep wisata
  • Warung makan
  • Panggung pertunjukan

Jam Buka Tebing Breksi

HARI JAM BUKA
Senin-Minggu 05:00-21:00

Harga Tiket Tebing Breksi

KETERANGAN TARIF
Tiket Masuk Gratis/Bayar Seikhlasnya
Parkir Motor Rp. 2.000
Parkir Mobil Rp. 5.000

Belum ada komentar

Tinggalkan Komentar