Tengkleng Gajah: Menikmati Kuliner Olahan Kambing Dengan Porsi Jumbo

Menghabiskan waktu liburan di Jogja dengan berkeliling di sejumlah tempat wisata terkenal memang mengasikkan. Namun, jika sudah berada di suatu kota, tidak sah rasanya jika tidak ikut mencicipi beragam kulinernya juga.

Jogja tidak hanya memiliki pusat kuliner Gudeg, akan tetapi juga terdapat banyak lainnya. Beberapa wisata kuliner terkenal tidak hanya ditemukan di pusat kota saja, namun beberapa diantaranya justru berada di wilayah pedesaan.

Beberapa contohnya, yaitu seperti Soto Bathok Mbah Katro Sambisari, Mangut Lele Mbah Marto, Sate Klatak Pak Bari, Bakmi Mbah Gito, dan masih banyak lainnya. Meskipun lokasinya tidak berada di Kota, namun jumlah pengunjung yang datang setiap harinya selalu ramai.

Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah

Salah satu makanan yang banyak dicari wisatawan saat berada di Jogja, yaitu Tengkleng Gajah. Eits, tenang saja, makanan ini bukan berasal dari daging gajah kok. Tengkleng Gajah adalah salah satu olahan makanan dari daging kambing yang sedang hits di Jogja.

Sebelum dikenal dengan nama Tengkleng Gajah, rumah makan ini dulunya memiliki nama Warung Sate Kambing Sari Roso Mulyo. Menu yang disajikan di warung ini terkenal memiliki ukuran porsi jumbo dan kemudian sering disebut dengan porsi gajah. Hal tersebutlah yang menjadikan resto ini kemudian lebih dikenal dengan nama Tengkleng Gajah.

Wisata kuliner di Jogja ini selalu ramai di kunjungi wisatawan yang penasaran dengan nikmatnya menyantap daging kambing yang masih melekat dengan tulangnya. Daging dengan tekstur yang kenyal serta dipadukan dengan bumbu rempah yang khas, sukses membuat setiap lidah yang mencicipinya bergoyang.

Alamat Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah Goreng

Tengkleng Gajah Goreng – Sumber: @seleramode

Bagi kamu yang memang menyukai aneka olahan daging kambing, atau ingin mencoba kuliner baru di Jogja selain Gudeg, kamu bisa datang ke Tengkleng Gajah yang beralamatkan di Jl. Kaliurang KM. 9,3.

Warung Tengkleng Gajah tidak berada tepat di pinggir jalan besar Jl. Kaliurang, namun kamu harus masuk ke arah timur jalan sekitar 500 – 700 meter. Agar lebih mudah menemukan lokasi, kamu bisa menggunakan petunjuk Google Maps di bawah ini.

Jam Buka

Jam Buka Tengkleng Gajah

Jam Buka Tengkleng Gajah – Sumber: @stanzazone

Tengkleng Gajah dibuka setiap hari dan siap melayani pengunjung mulai dari jam 09.00 – 21.00. Sebagai tips tambahan, jika kamu datang ke wisata kuliner di kaliurang ini, saat hari libur atau akhir pekan, sebaiknya kamu tidak datang saat mendekati jam tutup, karena dikhawatirkan menu andalannya sudah habis.

Menu Makanan

Menu Tengkleng Jogja

Menu Tengkleng Jogja

Bicara soal menu andalan, sesuai dengan namanya, menu andalan dari resto ini adalah olahan tengkleng kambingnya. Terdapat banyak olahan tengkleng kambing yang dapat kamu nikmati, mulai dari tengkleng gajah tongseng, tengleng gajah kuah gule, tengkleng gajah goreng, dan tengkleng gajah sambal bawang.

Dari daftar menu yang tersedia, mayoritas menu yang tersedia, seluruhnya berbahan dasarkan dari daging kambing. Terlihat hanya ada beberapa menu saja yang tidak berasal dari daging kambing. Selain tengkleng gajah, terdapat pula plihan menu siap santap lainnya, seperti sate, nasi goreng, tongseng, gule daging, gule jeroan, dan beberapa lainnya.

Setelah pesanan datang, kamu bisa mulai mencicipi satu persatu menu yang telah dipesan. Untuk menu seperti tengkleng atau sate, kamu akan dibuat asik dengan terus menggigit daging dengan aroma rempah yang kuat.

Tidak perlu khawatir tidak kenyang jika makan di Tengkleng Gajah, karena kamu dapat mengambil nasi sepuasnya tanpa harus dikenakan charge.

Untuk menu minuman yang tersedia terbilang standar, hanya terdapat minuman seperti es teh, es jeruk, aneka jus, hingga kopi.

Harga Makanan

Harga Tengkleng Gajah

Harga Tengkleng Gajah – Sumber: @ericekos

Jika dilihat dari ukuran harga makanan, khususnya di wilayah Jogja, menu di Tengkleng Gajah terhitung cukup mahal. Seluruh varian menu tengkleng gajah tiap porsinya memiliki harga Rp. 37.000. Namun, jika dibandingkan dengan ukuran dan rasa yang didapatkan, harga Rp. 37.000/porsi masih cukup masuk akal.

Untuk harga selengkapnya, bisa kamu lihat pada daftar di bawah ini.

JENIS HARGA
Sate (4 Tusuk) Rp. 37.000
Sate Goreng Rp. 37.000
Tongseng Rp. 37.000
Aneka Tengkleng Gajah Rp. 37.000
Nasi Goreng Kambing Rp. 20.000
Gule Daging Rp. 37.000
Gule Jeroan Rp. 15.000
Es Teh / Es Jeruk Rp. 5.000
Aneka Jus Rp. 8.000

Tinggalkan Komentar