Tips Memilih Rental Persewaan Motor atau Mobil di Jogja

Jogja terkenal memiliki beragam tujuan wisata dengan berbagai kategori, sebut saja seperti wisata pantai, goa, candi, dan masih banyak lainnya. Tempat wisata terkenal tersebut tidak hanya berada di satu titik lokasi saja, melainkan tersebar ke berbagai penjuru Kota Jogja. Jika sudah berbicara tentang lokasi wisata, tentu satu hal yang juga harus dipikirkan, yaitu kendaraan untuk bepergian.

Sebenarnya Jogja telah memiliki transportasi publik, yaitu Trans Jogja, yang siap mengantarkan kamu berkeliling. Akan tetapi, tidak semua tempat wisata dapat ditempuh dengan transportasi ini, hanya beberapa tempat wisata terkenal saja yang dilalui, seperti Malioboro, Candi Prambanan, Taman Pintar, dan beberapa lainnya.

Trans Jogja

Trans Jogja – Sumber: travelingyuk.com

Jika kamu berlibur dengan waktu yang terbatas, saat ini Trans Jogja masih dirasa kurang efisien dalam segi waktu untuk menunggu kendaraan, terutama jika harus melakukan transit di beberapa halte.

Bagaimana jika bepergian dengan menggunakan ojek online? Tentu saja bisa. Hanya saja, biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan jasa ojek online, terutama jika tujuan lebih dari 1 tempat, maka akan lebih boros. Selain itu, ojek online juga tidak dapat mengantarkan kamu pada beberapa tujuan wisata.

Lantas, bagaimana cara berkeliling Jogja jika tidak menggunakan kendaraan umum dan tidak memiliki kendaraan pribadi? Tenang saja, agar lebih mudah menjangkau tempat wisata, kamu bisa menyewa kendaraan di beberapa rental yang dapat dengan mudah kamu temukan di Jogja.

Keuntungan Menggunakan Rental Mobil atau Motor di Jogja

Berwisata menggunakan kendaraan umum memang menyenangkan. Hanya saja, kamu mau tidak mau harus mengikuti jadwal kendaraan, tanpa bisa memangkas waktu tunggu untuk perjalanan. Daripada bersusah payah dan harus khawatir dengan waktu yang terbatas, lebih baik kamu bisa menyewa motor atau mobil di rental Jogja dengan beberapa keuntungan di bawah ini.

1. Lebih Leluasa dan Efisien Waktu

Berbeda dengan saat menggunakan kendaraan umum yang harus mengikuti jalur sesuai dengan rute yang telah ditentukan, jika menggunakan jasa rental motor atau mobil, kamu dapat lebih leluasa untuk menentukan jalur mana yang ingin kamu lalui.

Jika saat dalam perjalanan menuju wisata tiba-tiba saja kamu menemukan tempat yang menarik, kamu bisa langsung berhenti untuk singgah sebentar tanpa perlu khawatir ketinggalan kendaraan seperti sebelumnya.

Jika menggunakan jasa transportasi ojek online, kamu juga dapat memilih tempat pemberhentian. Namun, bagaimana jika tempat yang dituju cukup tersembunyi dan berjarak jauh, seperti beberapa pantai di Gunungkidul. Tentu saja tidak semua driver ojek online akan menyanggupinya, maka dari itu lebih mudah jika membawa kendaraan sendiri.

2. Berwisata Bebas Macet

Meskipun Jogja dikenal tidak memiliki kepadatan lalu lintas seperti di Jakarta, namun pada waktu tertentu, seperti jam berangkat atau pulang kerja, libur nasional, atau libur panjang sekolah, beberapa titik jalanan di Jogja juga mengalami kemacetan. Tentu saja hal ini akan berdampak pada waktu perjalanan yang menjadi kurang efisien karena terlalu lama berada di jalan.

Jika kamu menggunakan kendaraan bermotor dari rental di Jogja, kamu dapat lebih mudah untuk melalui kemacetan, karena dapat menyalip kendaraan melalui celah yang ada. Selain itu, kamu juga dapat melalui jalan alternatif atau gang tikus yang tidak banyak dilalui kendaraan lainnya.

3. Antar Jemput Kendaraan, Gratis!

Di era yang serba digital seperti saat ini, ternyata juga membawa pengaruh positif terhadap pelayanan jasa persewaan motor atau mobil di Jogja. Beberapa tahun lalu, untuk menyewa kendaraan, kamu harus langsung datang ke tempat rental untuk mengisi data-data pribadi, menyerahkan surat jaminan, dan langsung mengambil kendaraan di tempat. Namun, saat ini sudah ada perbedaan.

Jika kamu tidak mengetahui letak rental yang ada di Jogja, kamu tidak perlu khawatir. Kamu cukup membuka internet dan mengetikkan kata kunci “rental motor atau mobil di Jogja”, maka akan keluar sederet jasa yang tersedia.

Selain itu, saat ini layanan yang diberikan juga sudah mengalami peningkatan, yaitu kamu tidak perlu lagi untuk datang langsung ke tempat rental. Kamu cukup membuka situs yang ada, kemudian memilih jenis kendaran yang dinginkan, dan kendaraan akan langsung diantarkan ke tempat penginapan tanpa dikenakan tariff tambahan.

Tips Memilih Rental Persewaan Motor atau Mobil di Jogja

Sebelum langsung melakukan pemesanan kendaraan rental motor atau mobil, ada baiknya kamu membaca beberapa tips di bawah ini terlebih dahulu.

1. Cari tahu sistem persewaan

Beda tempat rental, maka beda pula sistem persewaan yang diterapkan. Ada baiknya sebelum datang ke Jogja, kamu terlebih dahulu mencari informasi selengkap-lengkapnya, termasuk untuk syarat rental motor atau mobil. Tempat rental yang professional, umumnya akan mencantumkan informasi seputar pertanyaan yang sering diajukan dengan selengkap-lengkapnya melalui website yang ada.

2. Cari harga sewa yang sesuai

Meskipun memiliki tipe dan merek kendaraan yang sama, pada beberapa tempat rental kendaraan, harga yang ditawarkan juga bervariatif. Umumnya harga yang dipatok oleh tempat rental akan disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan. Beberapa fasilitas yang ditawarkan, yaitu contohnya seperti gratis antar jemput armada, helm, dan jas hujan. Bahkan, beberapa tempat rental motor juga ada yang menawarkan fasilitas BBM penuh saat berangkat.

3. Cek kondisi dan jenis kendaran yang disewakan

Harga sewa biasanya akan ditentukan sesuai dengan jenis kendaraan dan kondisi dari kendaraan saat peminjaman. Pemilihan jenis kendaraan yang akan digunakan, tentu akan bergantung pada anggaran yang kamu sediakan.

Selain jenis kendaraan, hal penting lainnya yang wajib kamu perhatikan adalah kondisi kendaraan. Pastikan kendaraan yang akan kamu sewa dalam keadaan yang baik, terutama pada bagian mesin, lampu, dan rem, agar terhindar dari suatu hal yang tidak diinginkan saat perjalanan.

4. Lakukan pemesanan sebelum keberangkatan

Jika kamu berencana berlibur ke Jogja saat musim liburan panjang, ada baiknya kamu melakukan reservasi atau pemesanan di rental kendaraan dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Meskipun tempat rental di Jogja ada banyak, namun saat musim libur tiba, kendaraan yang disewakan akan cepat habis.

Jika pun ada kendaraan yang belum disewa, biasanya hanya tersisa beberapa jenis, sehingga kamu tidak dapat memilih sesuai keinginan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu juga mempersiapkan segala hal sebelum keberangkatan, termasuk kendaraan yang akan digunakan.

5. Cari tahu akses jalan menuju tempat wisata

Setelah menentukan tujuan wisata, ada baiknya kamu juga mencari tahu bagaimana akses jalan menuju tempat tersebut. Apakah landai atau menanjak? Jalan beraspal atau bebatuan?

Informasi tersebut akan sangat penting dan akan membantu dalam pemilih jenis kendaraan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Jika akses jalan lebih dominan menanjak, ada baiknya kamu memilih kendaraan dengan tarikan yang lebih bagus.

6. Cari informasi kontak persewaan

Tips terakhir, yaitu pilihlah tempat persewaan yang memberikan layanan informasi melalui telepon atau sms yang cepat tanggap. Hal tersebut akan sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu kendaraan mengalami masalah.

Tinggalkan Komentar