Watu Amben: Tempat Romantis Alternatif Bukit Bintang

Bagi beberapa wisatawan yang telah mengunjungi destinasi wisata malam di Jogja, mungkin nama Bukit Bintang sudah tidak terdengar asing lagi. Wisata Bukit Bintang yang berlokasi di daerah Patuk, Gunung Kidul memang merupakan tempat wisata alam yang cukup terkenal di Jogja, terutama untuk kategori wisata malam hari.

Lokasi Bukit Bintang yang berada di atas ketinggian kurang lebih 150 meter di atas permukaan laut membuat seluruh pengunjung dapat menyaksikan indahnya Kota Jogja dari kejauhan. Tidak hanya bagus dikunjungi saat langit masih terang, saat memasuki malam hari, keindahan pemandangan di Bukit Bintang akan semakin bertambah.

Letak dari tempat wisata yang tergolong strategis, yaitu berada searah dengan jalur pulang apabila sehabis dari Pantai Gunung Kidul membuat banyak wisatawan yang memutuskan untuk mampir sejenak sambal beristirahat.

Setiap tahunnya, wisata Bukit Bintang rutin menyumbang wisatawan yang datang ke Kabupaten Gunung Kidul. Jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat ini akan mengalami peningkatan berkali-kali lipat, terutama saat memasuki musim libur panjang. Sehingga pengunjung terkadang sedikit sulit untuk menemukan tempat makan yang kosong dan harus mengantri hingga berjam-jam.

Kini, Bukit Bintang telah didukung dengan beragam fasilitas yang dapat memanjakan wisatawan, seperti rumah makan, penginapan, spot foto menarik, dan masih banyak lainnya. Jika ingin tahu lebih lengkap, kamu bisa membaca artikel tentang Bukit Bintang yang telah kami bahas sebelumnya.

Watu Amben

Watu Amben – Sumber: blogspot.com

Belum banyak orang yang tahu bahwa terdapat tempat wisata lainnya yang memiliki pemandangan mirip dengan Bukit Bintang. Tempat wisata yang dimaksud bernama Watu Amben. Sama halnya dengan pemandangan yang ditawarkan di Bukit Bintang, di Watu Amben, pengunjung juga dapat menikmati indahnya gemerlap Jogja di malam hari.

Meskipun sama-sama memiliki pemandangan indah, wisatawan yang mengetahui lokasi dari Watu Amben relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan Bukit Bintang. Sehingga, saat malam tiba, pengunjung dapat lebih menikmati pemandangan gemerlap lampu Kota Jogja dengan lebih tenang sambil menyeruput secangkir kopi hangat.

Pemandangan di Watu Amben tidak hanya bagus saat malam hari. Saat memasuki waktu terbenamnya matahari, pengunjung dapat melihat langit yang secara perlahan berubah menjadi jingga dengan eloknya. Oleh karena itu, tak heran apabila beberapa wisatawan memilih wisata Watu Amben sebagai alternatif tempat melihat sunset di Jogja, selain dari Candi Ratu Boko.

Di pagi hari, Watu Amben tetap dapat kamu kunjungi, meskipun kamu tidak akan dapat melihat proses terbitnya fajar dengan sempurna dari tempat ini seperti di Tebing Breksi. Namun, saat posisi matahari belum terlalu tinggi, kamu dapat menikmati udara segar khas perbukitan sambil melihat suasana Kota Jogja di pagi hari.

Fasilitas Wisata Watu Amben

Walaupun nama wisata Watu Amben tidak begitu dikenal layaknya nama Bukit Bintang, namun pengelola setempat patut diapresiasi, karena tetap memberikan fasilitas sebaik mungkin untuk wisatawan yang datang. Beberapa fasilitas yang ada diantaranya, yaitu lahan parkir, warung makan, kamar mandi, hingga disediakan fasililas layanan free Wi-Fi pada beberapa warung.

Beberapa wisatawan yang telah datang ke wisata Watu Amben juga memberikan ulasan yang mengatakan bahwa harga makanan untuk beberapa menu tertentu memiliki harga yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan Bukit Bintang. Untuk harga menu lainnya terbilang normal untuk makanan di tempat wisata jogja.

Selain itu, pengelola setempat juga telah menyediakan beberapa spot foto menarik yang dapat mempercantik feed Instagram kamu.

Lokasi Wisata Watu Amben

Lokasi dari Watu Amben berada tidak jauh dari Bukit Bintang, hanya sedikit lebih tinggi dengan jarak sekitar 1.5 KM. Meskipun demikian, Watu Amben tidak termasuk dalam wilayah Patuk seperti Bukit Bintang, melainkan masuk ke Kabupaten Bantul, tepatnya pada Kecamatan Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

Jika kamu sudah sampai di Watu Amben, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata lainnya, seperti Hutan Pinus Pengger yang berlokasi tidak terlalu jauh dari Watu Amben, hanya menempuh perjalanan sekitar 3 KM.

Rute Menuju Watu Amben

  • Dari arah Prambanan: Lampu merah pertama (terminal prambanan) belok ke kiri. Lurus terus mengikut arah Jl. Prambanan – Piyungan hingga bertemu pertigaan terakhir. Lampu merah pertigaan belok ke kiri menuju Jalan Jogja Wonosari dan jalan akan berubah menjadi lebih menanjak dengan beberapa kelokan. Tidak jauh dari situ, kamu akan melewati lokasi Bukit Bintang di kanan jalan, lurus terus hingga melewati rest area bertuliskan Gunung Kidul. Perempatan pertama setelah rest area belok ke kanan, lokasi dari Watu Amben berada di kanan jalan.
  • Dari arah Tugu Jogja: Lurus terus ke arah Jalan Laksda Adisucipto. Belok ke kanan menuju ke Jalan Janti. Lampu merah pertama lurus mengikuti Jalan Ring Road Selatan dan setelah lampu merah belok ke kiri menuju Jalan Wonosari. Lurus terus mengikuti jalan hingga menemukat kawasan rest area dan belok kanan di perempatan setelahnya.

Akses Jalan Menuju Watu Amben

Akses jalan menuju Watu Amben sudah sangat nyaman untuk dilewati, karena memang jalan yang dilalui merupakan jalan utama menuju Gunung Kidul. Hanya saja, setelah belok ke kanan dari perempatan rest area, kamu akan memasuki jalan yang lebih menyempit. Namun, tenang saja, karena jalan tetap dapat diakses oleh motor dan mobil.

Tinggalkan Komentar