22 Tempat Wisata Hits di Dekat Malioboro Jogja

Malioboro tidak pernah gagal dalam membuat setiap wisatawan yang datang menjadi terpesona. Setiap tahunnya, pengelola Malioboro selalu mempercantik jalan legendaris ini dengan menambahkan beragam fasilitas agar wisatawan yang berkunjung menjadi semakin betah untuk berlama-lama.

Malioboro merupakan salah satu tempat wisata yang sudah menjadi ikon dari kota pelajar alias Kota Jogja. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata jogja ini, seperti berbelanja aneka baju dan aksesoris yang dijual di sepanjang jalan, bersantap kuliner, atau hanya untuk sekedar menikmati malioboro dari area pedestrian.

Bagi kebanyakan orang yang baru pertama kali mengunjungi Kota Jogja, Malioboro dianggap seakan-akan merupakan satu-satunya tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Padahal, Jogja masih banyak menyimpan tempat wisata lainnya yang tersebar hampir di seluruh wilayah Jogja.

Di sekitaran Malioboro saja sebenarnya terdapat beberapa tempat wisata lain yang tidak kalah menarik. Jika kamu penasaran dan ingin mencoba berkunjung ke tempat lain yang berada di dekat malioboro, Jogjaku.ID telah merangkum beberapa nama tempat yang dapat untuk kamu kunjungi.

Tugu Jogja

Tugu Jogja - Jogjaku.ID

Tugu Jogja – Sumber: cekajah.com

Tugu Jogja atau dikenal juga dengan sebutan Tugu Pal Putih merupakan ikon dari Kota Jogja yang diperkirakan telah dibangun sekitar 3 abad yang lalu oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Selain menyimpan banyak sejarah, Tugu Jogja juga dipercaya oleh masyarakat sebagai penghubung antara ketiga tempat di daerah Jogja, yaitu laut selatan, keraton Jogja, dan gunung merapi.

1. Lokasi

Lokasi dari Tugu Jogja sangat mudah untuk ditemukan, karena berada di pusat kota. Jika berangkat dari Bandara Internasional Adisucipto, kamu hanya perlu berkendara lurus ke arah kota dan akan langsung menemukan lokasi tugu ini.

2. Jam Buka

Kamu bisa mengunjungi Tugu Jogja kapan saja, karena tidak ada jam khusus untuk mengunjungi tugu ini. Namun, kami menyarankan agar kamu datang di malam hari saja. Saat siang hari, wilayah Tugu akan berubah menjadi sangat panas karena areanya yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Pada malam hari, Tugu Jogja akan tetap terlihat istimewa seperti layaknya di siang hari. Jika ingin berfoto, tidak perlu bingung, karena pencahayaan di Tugu Jogja saat malam hari dapat dibilang cukup terang.

3. Harga Tiket

Saat berkunjung ke Tugu Jogja, wisatawan tidak akan dikenakan tarif tambahan. Lokasi dari Tugu Jogja kebetulan berada tepat pada area publik. Di sekitar area tugu, kamu bisa membeli makanan dan minuman dari pedagang yang berjualan di sana. Selain itu, di Tugu Jogja sering terdapat beberapa seniman yang berdandan menyerupai karakter tertentu seperti hantu yang dapat kamu ajak berfoto.

Angkringan Kopi Joss Stasiun Tugu

Kopi Joss Tugu - Jogjaku.ID

Kopi Joss Tugu – Sumber: jajanjogja.com

Angkringan merupakan salah satu hal yang cukup menarik perhatian wisatawan saat berada di Jogja. Salah satu lokasi angkringan yang paling terkenal di Jogja adalah angkringan tugu. Angkringan Tugu merupakan suatu tempat di Jogja yang menampung banyak penjual yang menjajakan menu makan dan minum dalam konsep angkringan.

Tidak berbeda dari kebanyakan angkringan lainnya, angkringan tugu juga menyediakan menu khas angkringan seperti nasi kucing, aneka sate, gorengan, dan lain sebagainya. Namun, ada salah satu menu khas di angkringan tugu yang tidak terdapat di semua angkringan, yaitu Kopi Joss.

Kopi Joss adalah kopi yang tergolong unik dalam penyajiannya. Kopi Joss disajikan dengan tambahan arang panas yang masih membara dan kemudian dicelupkan ke dalam gelas kopi sehingga mengeluarkan suara Joss.

1. Lokasi

Lokasi dari Angkringan Kopi Joss berada tidak jauh dari Tugu Jogja, tepatnya berada di samping Stasiun Tugu Jogja. Dari Jl. Mangkubumi, kamu dapat berkendara ke arah selatan kurang lebih sekitar 5 menit. Lokasi angkringan terletak di sisi utara stasiun tugu.

2. Jam Buka

Angkringan kopi joss buka setiap hari mulai dari jam 17.00 sampai dengan dini hari atau sampai dagangan habis.

3. Harga Menu

Angkringan di Jogja memang terkenal memiliki harga yang sangat murah, sehingga sering disebut sebagai sahabat mahasiswa disaat tanggal tua. Begitu juga dengan angkringan tugu, kamu bisa mencicipi beberapa menu yang ada mulai dari harga Rp. 1.000.

Taman Parkir Abu Bakar Ali

Taman Parkir Abu Bakar Ali

Taman Parkir Abu Bakar Ali – Sumber @upiecupi

Tidak salah apabila ada yang mengatakan bahwa setiap sudut di Kota Jogja memang sangat indah untuk diabadikan. Seperti namanya, lokasi ketiga ini sebenarnya bukanlah tempat yang dikhususkan untuk berwisata. Hanya saja, karena tempat ini tergolong memiliki pemadangan yang bagus, tidak ada salahnya untuk kamu kunjungi.

Dari Taman Parkir Abu Bakar Ali, kamu bisa menyaksikan Kota Jogja dari ketinggian tanpa ada gedung-gedung tinggi yang menghalangi. Sesekali kamu akan melihat kereta yang datang dan pergi melalui stasiun tugu yang getarannya dapat kamu rasakan. Saat sore hari, pemandangan akan berubah menjadi semakin romantis. Dari atas sini, pemandangan proses matahari terbenam dapat terlihat sangat jelas.

Tidak hanya itu, saat lokasi parkir sedang tidak terlalu penuh dengan kendaraan, banyak remaja yang datang hanya untuk sekedar berfoto dengan teman sebayanya. Karena memang lokasi di Taman Parkir Abu Bakar Ali cukup bagus untuk digunakan berfoto untuk kemudian diunggah ke media sosial.

1. Lokasi

2. Jam Buka

Taman Parkir Abu Bakar Ali dibuka untuk umum setiap harinya mulai dari pukul 08.00-22.00.

3. Harga Tiket

Untuk berkunjung ke taman parkir ini, tidak dikenakan tiket masuk khusus. Hanya saja, jika kamu membawa kendaraan pribadi, maka kamu cukup membayar biaya parkirnya saja.

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo - Jogjaku.ID

Pasar Beringharjo – Sumber: soalrmax2000.com

Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional yang terbilang cukup legendaris dan terlengkap yang ada di Jogja. Pada bagian depan dan belakang pasar, kamu bisa menemukan aneka ragam jajanan, seperti nagasari, bakpia, brem, pecel, es dawet dan lain-lain.

Masuk ke dalam bagian pasar, kamu akan langsung disambut oleh para pedagang kain batik. Salah satu yang terkenal dari pasar beringharjo adalah penjualan batiknya yang memiliki motif cukup lengkap serta dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau. Beberapa kios tidak hanya menjual kain batik, namun adapula yang menjual perlengkapan pakaian adat jawa.

Tidak hanya itu, jika kamu berkeliling area pasar, maka kamu menemukan beragam jenis dagangan lainnya, mulai dari rempah-rempah hingga barang antik.

1. Lokasi

Pasar Beringharjo masih berada di satu lokasi yang sama dengan Malioboro, tepatnya di Jl. Ahmad Yani.

2. Jam Buka

Sebelum bulan april tahun 2018, Pasar Beringharjo hanya dibuka sampai dengan jam 17.00. Namun, semenjak tanggal 11 april 2018 lalu, jam buka Pasar Beringharjo telah diperpanjang hingga pukul 21.00 setiap harinya.

3. Harga Tiket

Untuk dapat masuk ke dalam salah satu spot wisata belanja yang ada di Jogja ini, kamu tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg – Sumber: masbidintravel.net

Benteng Vredeburg merupakan salah satu wisata sejarah yang terdapat di Jogja. Benteng ini dibangun oleh kolonial Belanda saat masa penjajahan pada tahun 1765. Pada zaman dahulu, benteng yang memiliki bentuk segi empat ini digunakan Belanda untuk mengawasi pergerakan Keraton Yogyakarta.

Terdapat empat menara pengawas di setiap sudut benteng yang dulu digunakan oleh pihak Belanda. Saat ini Benteng Vredeburg telah dibuka menjadi museum sejarah yang didalamnya terdapat beberapa peninggalan, seperti patung, karya seni, diorama, senjata yang dulu digunakan, dan lain-lain.

1. Lokasi

Benteng Vredeburg berlokasikan tepat di ujung selatan jalan dari Malioboro, tepatnya di Jl. Jend. A. Yani No. 6.

2. Jam Buka

HARI JAM BUKA
Selasa-Minggu 07:30-16:00
Senin Libur

3. Harga Tiket

KETERANGAN TARIF
Tiket Masuk Anak-Anak (TK-SMP) Rp. 2.000
Tiket Masuk Dewasa Rp. 3.000
Tiket Masuk Turis Asing Rp. 10.000
Parkir Motor Rp. 3.000

Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer Jogja

Titik Nol Kilometer Jogja – dolandolen.com

Titik Nol Kilometer merupakan salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat liburan di Jogja. Seperti namanya, kawasan Nol Kilometer berada tepat di jantung kota. Mulai dari pagi hingga malam hari, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Di kawasan ini kamu akan seperti dibawa kembali ke masa lalu dengan hadirnya beberapa gedung besar bernuansa bangunan zaman Belanda, yaitu seperti gedung Bank Indonesia dan Kantor Pos besar.

Selain itu, Titik Nol Kilometer merupakan salah satu tempat penting yang terdapat di Jogja. Di sekitar kawasan Nol Kilometer terdapat Gedung Agung yang merupakan Gedung Kepresidenan saat Presiden berkunjung ke Jogja. Di sisi lainnya terdapat wisata sejarah, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Umum 1 Maret.

Namun, meskipun terlihat seperti penuh dengan sejarah, kawasan nol kilometer saat ini merupakan tempat yang sangat asik untuk digunakan berkumpul dengan teman-teman sambil menikmati suasana dari jantung kota Jogja. Di kawasan ini biasanya terdapat banyak musisi jalanan yang membuat suasana semakin meriah.

1. Lokasi

Titik Nol Kilometer berada di hanya berada di ujung jalan dari Maliobro. Untuk mencapai lokasi, kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan transportasi yang ada, seperti becak, andong, dan lain sebagainya.

Taman Pintar

Taman Pintar

Taman Pintar – Sumber: blogspot.com

Taman Pintar adalah tempat wisata edukasi yang didirikan dengan tujuan agar siswa dapat lebih mudah dalam memahami materi yang telah disampaikan di sekolah secara tidak langsung melalui wahana-wahana edukasi yang terdapat di dalamnya. Taman Pintar cocok untuk dikunjungi semua kalangan, terutama bagi anak yang belum memasuki bangku sekolah hingga yang telah sekolah menengah.

Lokasi

Tidak sulit untuk dapat menuju ke lokasi Taman Pintar. Taman rekreasi dan edukasi anak ini dibangun tepat di kawasan kota berdekatan dengan tempat penting lainnya, seperti Benteng Vredeburg, Gedung Agung, dan lain-lain.

Jam Buka

HARI JAM BUKA
Senin (Kecuali Hari Libur Nasional) Libur
Selasa-Minggu 08:30-16:00

Harga Tiket

WAHANA ANAK-ANAK DEWASA
Oval-Kotak Rp. 12.000 Rp. 20.000
Planetarium Rp. 22.000 Rp. 22.000
PAUD Barat/Timur Rp. 3.000 (Usia Pra TK/TK)
Wahana Bahari Rp. 4.000 Rp. 4.000
Lalu Lintas Rp. 12.000 (Usia Pra TK/TK)
Teater 4D Rp. 15.000 Rp. 20.000
Dino Adventure Rp. 20.000 Rp. 25.000
Hand on Science Rp. 10.000 Rp. 10.000
Broadcasting Presenter TV Rp. 15.000 Rp. 15.000
Kreasi Batik Rp. 13.000
Kreasi Gerabah Rp. 10.000
Lukis Kaos Rp. 35.000
Lukis Gerabah Rp. 13.000

Alun-Alun Utara

Alun Alun Utara

Alun Alun Utara – Sumber: tembi.net

Alun Alun Utara adalah tempat wisata yang berada tepat di utara Keraton Yogyakarta. Alun Alun utara memiliki tanah lapang seluas 150m x 150m dan terdapat dua pohon beringan besar di tengahnya. Jika kamu ingin berkunjung ke Alun Alun Utara, kami sarankan untuk datang disaat ada perayaan tertentu, seperti saat hari Maulid Nabi. Pada saat perayaan tersebut, akan terdapat acara khusus yang diadakan di Alun Alun Utara dan seluruh kawasan alun-alun akan berubah menjadi sangat ramai dengan pengunjung.

1. Lokasi

Alun-Alun Selatan

Alun Alun Kidul

Alun Alun Kidul – Sumber: hansutomo.com

Selain kawasan Malioboro dan Nol Kilometer, Alun-Alun Kidul merupakan tempat yang tidak kalah seru untuk menghabiskan malam kamu. Sama seperti di Alun-Alun Utara, di kawasan Alun-Alun Selatan juga ditumbuhi dengan sepasang pohon beringin kembar berukuran besar.

Pada malam hari, kawasan alun-alun akan berubah menjadi sangat meriah dengan lampu warna warni. Saat berkunjung ke Alun Alun Selatan, kamu harus mencoba permaianan masangin atau berjalan lurus di antara kedua pohon beringin dengan mata tertutup.

1. Lokasi

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo – Sumber: sonobudoyo.com

Jika kamu senang berkunjung ke tempat-tempat penuh sejarah, kamu bisa berkunjung ke Museum Sonobudoyo. Museum ini memiliki koleksi yang sangat banyak, mulai dari senjata tradisional, batik, arca, dan masih banyak lainnya.

1. Lokasi

2. Jam Buka

HARI JAM BUKA KETERANGAN
Senin dan Libur Nasional Tutup Pameran Tetap
Selasa-Kamis 08:00-15:30 Pameran Tetap
Jum’at 08:00-14:00 Pameran Tetap
Sabtu-Minggu 08:00-15:30 Pameran Tetap
Senin-Sabtu 20:00-22:00 Pagelaran Wayang

3. Harga Tiket

KETERANGAN TARIF
Dewasa Perorangan Rp. 3.000
Dewasa Rombongan Rp. 2.500
Anak-Anak Perorangan Rp. 2.500
Anak-Anak Rombongan Rp. 2.000
Wisatawan Asing Rp. 5.000
Pagelaran Wayang Rp. 20.000

Keraton Yogyakarta

Keraton Jogja

Keraton Jogja – Sumber: kratonjogja.id

Jogja memang dikenal sebagai kota budaya yang menyimpan histori panjang di dalamnya. Salah satu hal yang membuat Jogja lebih istimewa dibandingkan dengan provinsi lainnya, yaitu masih berlakunya sistem kerajaan atau keraton.

Tempat tinggal raja atau dikenal juga dengan sebutan keraton, saat ini masih digunakan dan terawat dengan baik. Saat ini keraton tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal Sri Sultan Hamengkubuwono X, namun juga sekaligus digunakan menjadi salah satu objek wisata budaya di Jogja.

Setiap wisatawan yang ke datang Jogja diperkenankan untuk masuk ke dalam area keraton, asalkan menjaga sopan santun. Selain itu, wisatawan juga tidak diperkenankan untuk menggunakan aksesoris seperti kaca mata dan topi di dalam area keraton dengan tujuan untuk menghormati budaya yang ada.

Di dalam bangunan yang kental akan adat jawa ini memiliki beberapa peninggalan sejarah yang dapat kamu saksikan, seperti alat musik jawa, keris, batik, lukisan, dan beragam lainnya.

1. Lokasi

Letak dari Keraton Yogyakarta berada di pusat kota dan masih satu kawasan dengan alun-alun utara. Tidak perlu bingung saat akan berkunjung ke tempat ini, karena sudah banyak papan petunjuk yang dipasang di sepanjang jalan.

2. Jam Buka

HARI JAM BUKA
Senin – Kamis 09:00-14:00
Jum’at 09:00-11:00
Sabtu 09:00-14:00

3. Harga Tiket

KETERANGAN TARIF
Wisatawan Lokal Rp. 5.000
Wisatawan Asing Rp. 15.000

Tinggalkan Komentar